Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 4 Oktober 2017 | 18:12 WIB
  • Sisa Masa Jabatan Djarot, 18 Puskesmas dan 2 RSUD Rampung

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Anwar Sadat
Sisa Masa Jabatan Djarot, 18 Puskesmas dan 2 RSUD Rampung
Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan 18 puskesmas dan dua RSUD

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan 18 puskesmas dan dua rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe D, Rabu, 4 Oktober 2017. Peresmian dilakukan secara simbolis di Puskesmas Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur.

Djarot menyampaikan, pembangunan prasarana dan sarana kesehatan ini menjadi salah satu program unggulan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017, sebagai komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Hal itu dilakukan juga untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam sisa masa jabatan. "Kami maksimalkan 11 hari tersisa jadi produktif untuk mewujudkan apa yang sudah dijanjikan oleh Pak Jokowi, Pak Basuki pada tahun 2012 dan ini lah masa akhir 2017. Seluruh janji yang terkait visi dan misi harus kami tuntaskan," kata Djarot di Kramatjati, Rabu sore, 4 Oktober 2017.

Dalam sisa masa jabatannya, Djarot berusaha untuk menyelesaikan semua program yang telah dicanangkan saat masa kepemimpinan Jokowi-Basuki pada kampanye 2012. Hal itu ia lakukan juga agar tidak menjadi beban pemerintahan berikutnya.

"Saya berterima kasih kepada pak kadis (kepala dinas kesehatan) 11 proyeknya yang belum diresmikan semoga cepat, supaya enggak jadi beban untuk pemerintah selanjutnya," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi mengatakan, saat ini untuk target tahun 2017, ada 34 puskesmas yang harus dibangun. Sementara itu, untuk rumah sakit tipe D, dinas kesehatan menargetkan lima rumah sakit. "Dari target tersebut, 18 puskesmas sudah selesai, dan 2 rumah sakit tipe D sudah. Untuk sisanya akan diselesaikan secepat mungkin," ujarnya.

Untuk 18 puskesmas dan RSUD tipe D yang diresmikan hari ini, di antaranya berada di Jakarta Pusat tiga puskesmas yaitu Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, dan Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih.

Untuk Jakarta Utara ada empat puskesmas, yakni Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, Puskesmas Kelurahan Rawa Badak Selatan, Puskesmas Kecamatan Koja, dan Puskesmas Kecamatan Cilincing. 

Di Jakarta Barat ada tiga puskesmas, yaitu Puskesmas Kecamatan Kalideres, Puskesmas Kecamatan Taman Sari, dan Puskesmas Kecamatan Kembangan.

Di Jakarta Selatan ada tiga puskesmas, yaitu Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Puskesmas Kelurahan Grogol Utara II, dan Puskesmas Kelurahan Ciganjur. 

Kemudian di Jakarta Timur ada tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Kecamatan Matraman, Puskesmas Kecamatan Ciracas, dan Puskesmas Kecamatan Kramatjati.

Selanjutnya, di Kepulauan Seribu ada satu puskesmas yaitu Puskesmas Pulau Harapan.

Sementara itu, dua rumah sakit tipe D diresmikan yaitu, RSUD Kebayoran Baru dan RSUD Jati Padang.