Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 12:27 WIB
  • KRL Cikarang Beroperasi 8 Oktober, Tarifnya Rp5.000

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Bayu Nugraha,
    • Ade Alfath
KRL Cikarang Beroperasi 8 Oktober, Tarifnya Rp5.000
Photo :
  • ANTARA/Reno Esnir
KRL Commuter Line.

VIVA.co.id – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan mengoperasikan kereta rel listrik hingga Stasiun Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mulai 8 Oktober 2017. Dengan jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 kilometer, pengguna KRL dikenakan tarif Rp5.000 per penumpang.

VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia Eva Chairunisa mengatakan, akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan pergi pulang (PP) yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota. Pengoperasian KRL ini sejalan dengan target perusahaan untuk melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang. "Kereta Commuter Indonesia semakin memperluas wilayah pelayanannya," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 6 Oktober 2017. 

Menurut Eva, dari persiapan yang telah dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero), serta sejumlah uji coba, pihaknya telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Cikarang. 

Untuk mendukung operasi KRL hingga Cikarang,  pemerintah telah membangun dua stasiun baru, yaitu Bekasi Timur dan Cibitung. Sementara Stasiun Cikarang tengah dilakukan proses revitalisasi. Adapun Stasiun Tambun akan menyusul untuk direvitalisasi.

Terdapat 32 perjalanan KRL setiap hari yang akan melayani Stasiun Bekasi Timur hingga Cikarang. KRL pertama dari Cikarang menuju ke Jakarta Kota mulai beroperasi pukul 04.45 WIB. Sementara kereta terakhir dari Cikarang dijadwalkan berangkat pukul 19.32 untuk tujuan Jakarta Kota, dan berangkat pukul 20.52 WIB untuk tujuan Bekasi. Pemberangkatan dari Bekasi tersedia hingga pukul 22.15 WIB untuk Jakarta Kota.

Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang dijadwalkan pukul 05.41 WIB. Sementara kereta terakhir dari Jakarta Kota tujuan Cikarang tersedia pada pukul 17.46 WIB. Pemberangkatan dari Bekasi tersedia hingga pukul 18.43 WIB untuk tujuan Cikarang. 

Waktu tempuh untuk Cikarang-Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit, sementara untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 km adalah sekitar 20 menit.