Terdengar Suara Aneh saat Lubang LRT Menara Saidah Longsor

Tanah ambles di depan Menara Saidah, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Saat tebing di lubang tiang pancang Light Rail Transit alias LRT di depan Gedung Menara Saidah mengalami longsor, warga sekitar mendengar suara aneh seperti gelegar petir yang menyambar.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Suara aneh itu didengar oleh warga setempat bernama Siagian. Pria berusia 56 tahun itu menuturkan, suara itu sempat membuat kaget warga, karena terdengar sangat kencang.

"Ada suara kencang duar saat itu," kata Siagian di lokasi, Jumat 13 Oktober 2017.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Awalnya, kata Siagian, warga mengira petir menyambar lokasi proyek tiang pancang LRT. Tapi setelah melihat ke lokasi, ternyata suara itu muncul saat tanah bergerak longsor.

"Kejadiannya kemarin (Kamis sore, 12 Oktober 2017-red), hujan deras," katanya.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

Sementara itu, Manajer Konstruksi Sipil Divisi Konstruksi Departemen LRT Jabodebek, Ery Satriadi mengatakan, saat longsor terjadi di lokasi sedang ada pengerjaan pondasi.

"Enggak akan longsor menaranya. Pondasi menaranya pondasi dalam. Itu lereng galian kita saja tergerus hujan karena spacenya sempit sekali. Jadi, harus harus pembersihan ulang lagi sebelum cor pondasi," ucapnya.

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024