Kemendagri Ingatkan Anies soal Gubernur Tak Seperti Presiden

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat dilantik Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Kementerian Dalam Negeri mengingatkan kepada Anies Baswedan bahwa jabatan Gubernur DKI Jakarta tak seperti jabatan presiden. Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bukan semacam kabinet yang mesti dirombak saat pemerintahan baru.

Petinggi PKS Sebut Peluang Anies-Sandiaga Duet di Pilpres 2024 Kecil

"Gubernur dan wakil gubernur bukan kayak presiden. Jadi, kalau baru menjabat, terus kepala dinas diganti semua. Saya kira tidak begitu. Kepala SPKD tidak harus semua diganti, seperti kabinet," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, di Balai Kota Jakarta pada Senin, 16 Oktober 2017. 

Dia juga mengingatkan kepada Anies dan Sandiaga Uno untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Sebab visi dan misi mereka akan dinilai dari RPJMD itu. RPJMD harus rampung paling lama enam bulan setelah pelantikan.

Prabowo Bungkam soal Isi Perjanjian Anies-Sandiaga, Sufmi Dasco: Jangan Dijawab Pak!

Anies dan Sandiaga diingatkan juga untuk merangkul seluruh golongan di Ibu Kota. Soalnya pilkada telah usai dan Gubernur DKI Jakarta bukan milik satu golongan, tapi seluruh warga Jakarta.

"Anies-Sandi sudah milik rakyat Jakarta. Cara berpikir dan cara menaunginya untuk warga Jakarta," katanya. (ase)

Potongan Tumpeng Istimewa Prabowo untuk Anies-Sandi di HUT Gerindra
Politikus Gerindra Mohamad Taufik.

Tutup Usia, Ini Profil M Taufik yang Sukses Menangkan Jokowi-Ahok Hingga Anies-Sandi

Mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dikabarkan meninggal dunia Rabu malam, 3 Mei 2023. Penyebab meninggalnya disebut karena sakit kanker paru.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2023