Polisi Bakal Turunkan Pak Ogah Saat Hari Sumpah Pemuda

Sejumlah 'Pak Ogah' atau Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas sedang menjalani proses latihan oleh anggota kepolisian beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra mengatakan, para Pak Ogah yang tergabung dalam Sukarelawan Pengatur Lali Lintas (Supeltas) siap diturunkan meski belum mendapatkan gaji, dalam waktu dekat ini.

Erick Thohir Pede LRT Jabodebek Jadi Solusi Bagi Kemacetan dan Polusi di Jakarta

Mereka akan mulai bertugas membantu polisi mengatur kemacetetan di Jakarta, tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017 mendatang. "Kami rencanakan turun ke lapangan pada 28 Oktober di Hari Sumpah Pemuda. Saya sudah perintahkan ke Kasatlantas untuk memantau," kata Halim saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 17 Oktober 2017.

Saat diturunkan nanti, menurut Halim, mereka akan memakai seragam yang dibuat Polda Metro Jaya. Mereka memiliki nomor untuk mempermudah pengawasan. Melalui nomor topi yang dikenakan, masyarakat juga bisa melapor bila mendapati Supeltas nakal. 

Kepemilikan Garasi Bakal Jadi Syarat Perpanjangan STNK Mobil

Namun, mereka masih dibolehkan menerima uang yang diberikan  pengendara secara suka rela. Hal itu mengingat belum ada pihak yang bersedia menggaji. Tapi, mereka tidak diperkenankan meminta. Mereka juga akan diawasi oleh Satlantas guna mencegah adanya Supeltas yang memaksa meminta uang.

"Bahwa jika ada masyarakat yang memberikan dengan ikhlas, ya tidak apa-apa tapi tidak memaksa. Masyarakat juga bisa ikut memantau dong, kalau ada yang menyimpang, ya bisa dilaporkan ke polisi," ujarnya. (mus)

Kuningan-Mampang 30 Menit, Kapolda Metro Irjen Karyoto: Saya Upayakan Bisa 5 Menit
Viral Kemacetan Parah di Puncak Bogor

Viral Kemacetan Parah di Puncak Bogor, Netizen Cuma Bisa Melongo

Puncak Bogor memang dikenal sebagai tempat berlibur masyarakat Jabodetabek karena miliki cuaca yang membuat adem. Sabtu dan minggu merupakan hari yang biasanya macet.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023