Pertemuan Jokowi dengan Anies-Sandi Bahas MRT dan Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat dilantik Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Belum ada jadwal resmi, kapan Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno. Sebelumnya Anies sudah mengakui, dalam waktu dekat ini akan bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, memang yang menjadi pembahasan bagi Presiden Joko Widodo adalah pembangunan LRT dan MRT. Maka, dalam rapat terakhir, diputuskan untuk menunggu kepemimpinan baru di DKI Jakarta untuk kebijakan dua transportasi massa itu.

"Karena di MRT itu ada bagian dari komposisi yang menjadi tanggung jawab pemerintah DKI dan juga ada pemerintah pusat, maka itu segera diadakan," ujar Pramono, di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 18 Oktober 2017.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Dalam pembangunan proyek MRT, ada komposisi dari pemerintah pusat sebesar 49 persen dan pemerintah DKI 51 persen. Maka, lanjut Pramono, pada rapat kabinet terakhir terkait MRT ini, belum bisa diambil keputusan karena menjadi tanggung jawab pemerintahan yang baru di bawah Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Apakah komposisi ini tetap berlaku, untuk perluasan MRT dari HI ke arah utara? Yang seperti ini kan harus dibicarakan kembali," katanya.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Namun tidak hanya masalah MRT dan LRT saja yang dibicarakan. Tidak menutup kemungkinan, kata Pramono, juga membahas masalah reklamasi pantai utara Jakarta.

"Ya semua hal yang berkaitan melibatkan pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah, pasti akan diadakan," katanya. (ase)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021