Mulai Senin, TransJakarta Operasikan 6 Rute Cepat Anti-Macet

Bus TransJakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA – Kemacetan parah terjadi di sejumlah titik proyek pembangunan infrastruktur di Jakarta. Akibatnya,  warga DKI harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk sampai ke tempat tujuan.

VIDEO: Normal Baru DKI, Jalanan Jakarta Padat Lagi

Kemacaten tak hanya berdampak pada kendaraan pribadi saja. Tapi juga berimbas pada layanan Bus TransJakarta.

Karena itu, mulai Senin, 23 Oktober 2017, Bus TransJakarta akan melaju di rute khusus yang baru dibuat yakni rute ekspres dan rute lintas. Ada enam rute cepat anti macet yang akan dioperasikan.

Ternyata Ini Penyebab Jakarta masih Macet saat PSBB

Rute-rute itu lintas Pulogadung-Harmoni (via koridor 10 dan 4), rute ekspres PGC-Tanjung Priok (via tol) dan Tanjung Priok-PGC (via tol), rute lintas Cililitan-Dukuh Atas (via koridor 10 dan 4), rute ekspres Kampung Rambutan-Kampung Melayu (via tol), dan rute lintas Monas-Ragunan via (koridor 13).

"Rute lintas Monas-Ragunan akan melalui koridor 1 langsung ke koridor 13 dengan waktu operasi sejak pukul 15.00 WIB-21.00 WIB.  Ini untuk menghindari titik macet parah di Simpang Kuningan dan Mampang akibat proyek pembangunan terowongan di Mampang-Kuningan," kata Direktur Utama PT. Trans Jakarta, Budi Kaliwono, di Jakarta, Jumat 20 Oktober 2017.

Warga Jakarta Bukan Pemilik Mobil dan Motor Terbanyak di Indonesia

Sementara bagi penumpang di sekitar Tanjung Priok yang ingin menuju Sudirman, Thamrin dan Jatinegara, Semanggi, serta Kuningan disediakan rute ekspres Pulogadung-Harmoni melalui koridor 2, koridor 4, koridor 10, koridor 5, dan koridor 2. 

Layanan baru ini tersedia pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB akan menjadi solusi atasi kemacetan di Senen akibat pembangunan terowongan.

Ada juga rute ekspres PGC-Tanjung Priok via tol tersedia pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB. Juga untuk sebaliknya, Tanjung Priok-PGC via tol beroperasi pukul 06.00-09.00 WIB. Skema ini akan memangkas waktu tempuh. Alhasil pelanggan TransJakarta bisa lebih cepat sampai tujuan. 

Rute lintas Cililitan-Dukuh Atas melalui koridor 10 dan kor 4 beroperasi pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. Layanan baru ini akan terhindar dari kemacetan parah akibat proyek pembangunan jalan layang Pancoran. 

"Seluruh pelanggan sekitar Cililitan yang ingin menuju Semanggi, Kuningan, bahkan Grogol akan bisa lebih memiliki alternatif lebih cepat," katanya.

Lalu rute ekspres Kampung Rambutan-Kampung Melayu via tol beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. 

Jam Sibuk

Menurutnya, rute ekspres dan rute lintas untuk sementara hanya dioperasikan selama jam sibuk. Sembari melihat perkembangan dari implementasi. "Kedua layanan baru ini memungkinkan untuk dioperasikan sepanjang hari," ujarnya.

Rute ekspres dan rute lintas, kata Budi, akan memangkas waktu tempuh perjalanan pelanggan TransJakarta. Ia optimis rute ekspres dan rute lintas akan memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum yang disediakan TransJakarta.

 "Karena kecepatan, ketepatan waktu, dan keterjangkauan harga menjadi keunggulan moda transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya