Razia Unik di Hari Santri, Semua Polisi Pakai Peci

Polisi berpeci saat gelar razia di Kota Depok, Jawa Barat.
Sumber :

VIVA – Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Kota Depok, Jawa Barat, menggelar razia kendaraan di sejumlah titik. Tapi, dalam kegiatan ini, ada yang berbeda dari penampilan para petugas.

UIN Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023: Bukti Jihad Santri, Jayakan Negeri

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Senin 23 Oktober 2017, tak ada seorang pun petugas yang terlibat dalam razia yang memakai helm khas polisi lalu lintas atau juga baret cokelat kepolisian. Mereka malah memakai kopiah alias peci berwarna hitam.

Menurut Kasatlantas Polresta Depok, Kompol Sutomo, ide menggunakan peci ini digagasnya untuk ikut memeriahkan Hari Santri. Menurutnya, santri dan polisi tak bisa dipisahkan karena sama-sama mengemban tugas mulia.

Selepet Anies Pakai Sarung Sampai Kesakitan, Cak Imin: Mumpung Belum jadi Presiden

"Seperti diketahui, santri pada massa penjajahan juga memiliki peran penting dalam kemerdekaan. Dengan Hari Santri ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut menghormati perjuangan para pahlawan, termasuk para santri," katanya pada wartawan

Selain itu, lanjut Sutomo, dengan penampilan seperti ini, diyakini membuat kesan menakutkan pada petugas polisi menjadi hilang. 

Momen Hangat Presiden Jokowi Sapa Para Menterinya di Hari Santri: Saya Kira Menag Komandan Kopassus

"Kami kerap kali melakukan upaya-upaya penegakan hukum dan pelayanan yang lebih humanis. Salah satunya adalah dengan berpenampilan seperti ini, mengenakan peci saat bertugas. Ini kami lakukan agar lebih dekat dengan masyarakat," ujar Sutomo.

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina Serukan Perlindungan

Sebanyak 15 ribu santri menggelar kirab yang diadakan terpusat di Taman Elektrik, Kota Tangerang, Minggu, 12 November 2023.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2023