Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 17:07 WIB
  • Menkes Minta Pohon yang Ditebang MRT Diganti Tanaman Berbuah

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Bimo Aria
Menkes Minta Pohon yang Ditebang MRT Diganti Tanaman Berbuah
Photo :
  • Viva.co.id/Diza Liane
Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek

VIVA – Penebangan pohon di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin  yang dilakukan Pemprov DKI sejak pertengahan Oktober 2017 lalu membuat Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM, kesal. Ia pun mengeluarkan imbauan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak sembarang menebang pohon untuk melancarkan pembangunan MRT dan pelebaran trotoar di Jakarta. Menurut Nila, penebangan pohon, terutama di pusat Ibu Kota hanya akan menambah polusi.

"Kepada Kadinkes DKI Jakarta juga tolong diingatkan dan disampaikan kepada Gubernur barunya, agar tidak asal menebang pohon untuk membangun MRT," ungkap Nila saat ditemui di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, Kamis 2 November 2017.

Nila juga meminta pihak Pemprov DKI Jakarta untuk mengembalikan dan menumbuhkan kembali pohon-pohon yang telah ditebang untuk proyek tersebut. Dia juga menghimbau RS Dharmais juga turut serta.

"Jadi tolong tumbuhkan kembali saya kira mungkin RS Kanker Dharmais bisa untuk mengurangi kanker di udara untuk menanam pohon. Yang menarik menanam pohon yang ada buahnya agar nanti bisa kita ambil, suatu yang lucu juga saya kira," ungkap dia.

Dalam kesempatan yang sama,menteri Nila juga kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjalankan pola hidup sehat. Dengan pola hidup yang sehat, menurutnya juga mampu menekan terjadinya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti kanker.

"Kita memang harus mengubah mindset masyarakat agar mau melakukan hidup sehat. Dengan hidup sehat dan deteksi dini, stadium kanker awal bisa mudah ditemui," kata dia.

Sebagai informasi, seperti dikabarkan sebelumnya, sekitar 3.000 pohon di median Jalan Sudirman-Thamrin pembatas jalur lambat dan jalur cepat, dipangkas habis. Pemprov DKI akan memindahkan ribuan pohon tersebut ke lokasi ruang terbuka hijau (RT) yang ada di Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat itu dipimpin oleh Djarot Saeful Hidayat, 11 Oktober 2017 lalu mulai memangkas pohon yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Pemangkasan menyusul persiapan pelebaran trotoar.