Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 11:22 WIB
  • Tol Becakayu Mulai Beroperasi Sabtu 4 November

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Dani (Bekasi)
Tol Becakayu Mulai Beroperasi Sabtu 4 November
Photo :
  • VIVA.co.id/ Dani (Bekasi)
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu, Jumat, 3 November 2017.

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Seksi 1B dan 1C: Cipinang-Jakasampurna, Jumat, 3 November 2017. Pembangunan tol sempat terbengkalai sekitar 20 tahun.

Setelah diresmikan, menurut Presiden Jokowi, jalan tol bisa dinikmati mulai Sabtu, 4 November 2017 dan pada tahap awal, pengguna tidak dikenakan biaya atau gratis. Namun, ke depannya akan dikenakan tarif masuk.

"Besok sudah bisa dipakai. Seksi lainnya menyusul," ujar Presiden.

Menurut Jokowi, ruas tol ini sempat terhenti ketika Surat Perintah Kerja (SPK) itu diterbitkan pada 1996. Namun, pada awal 2015, proyek itu kembali dilaksanakan hingga akhirnya ruas tol ini selesai dikerjakan. 

Ke depannya, jalan tol ini akan diteruskan ke Bekasi Barat hingga Tambun, Kabupaten Bekasi. Dengan demikian, kata Jokowi, akses dari Jakarta ke Bekasi dan sebaliknya semakin lancar. 

Tol Becakayu dibangun dan dioperasikan secara bertahap, yaitu Seksi 1 sepanjang 11,9 kilometer, Seksi 2 sepanjang 4,1 kilometer, dan Seksi 3 sepanjang 7,8 kilometer. Operasional tol diserahkan kepada PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dan dalam pembangunan dikerjakan PT Waskita Karya Tbk. 

Dalam kesempatan peresmian itu, hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet RI Pramono Hanung, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar, dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Kehadiran tol Becakayu akan menambah kapasitas dan pilihan para pengguna jalan serta waktu tempuh lebih cepat. Selain itu, tol tersebut meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik melalui jalan Tol Cikampek menuju Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan Bandung.