Sandiaga Prioritaskan DP Nol Persen untuk Hunian Vertikal

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno
Sumber :
  • Twitter/@aniesbaswedan

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku sulit mencari lahan untuk memenuhi realisasi janji kampanyenya soal pemenuhan rumah bagi warga. Janji itu adalah terkait bantuan uang muka atau down payment (DP) 0 persen.

Tinggal Klik, Prajurit TNI AD Bisa KPR Rumah DP 0% hingga Bunga Ringan

"Kami sudah sampaikan berkali-kali, diprioritaskan untuk vertikal karena lahan di Jakarta kan sulit, diprioritaskan untuk vertikal," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Sabtu 4 November 2017. 

Ia mengatakan, usulan program ini akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia sebagai yang diatur terkait pendanaan rumah tersebut.

Permintaan Meningkat, Sky House BSD Mulai Jual Unit di Tower Baru

Hal itulah kemudian perlu ada kesepakatan bersama agar nantinya keputusan DP nol persen tidak menabrak aturan.

"Tapi intinya, Alhamdullilah Bank Indonesia menyatakan program ini bisa dilakukan. Karena ada pengecualian, dan diharapkan program ini tetap mengacu pada prudential banking (bank sehat)," kata dia. 

PP Properti Sulap Area Laguna Jadi Hunian Modern, DP Nol Persen

Berdasarkan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD DKI tahun 2018 disebutkan program DP nol persen dianggarkan sebesar Rp800 miliar. 

Informasi tambahan, berdasarkan keterangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, kemungkinan realisasi pembiayaan hunian itu bisa saja terjadi tapi dengan catatan mendapatkan jaminan pemerintah pusat dan daerah.

Setelah rapat dengan Sandiaga, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Filianingsih Hendarta, mengatakan skema pendanaan nantinya mungkin akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya