Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 16:14 WIB
  • Alasan Sandiaga Rahasiakan Lokasi Program DP Nol Rupiah

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Anwar Sadat
Alasan Sandiaga Rahasiakan Lokasi Program DP Nol Rupiah
Photo :
  • Viva.co.id/Bayu Januar
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya belum merilis lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan rumah dengan down payment (DP) Rp0 lantaran khawatir ada mafia tanah. 

Ia sengaja merahasiakan lokasi itu karena takut ada mafia tanah yang menghambat jalannya program. "Iya betul (takut mafia tanah). Jangankan mafia tanah, ada mafia jadwal loh. Sekarang sudah ada mafia jadwal," katanya, di Balai Kota Jakarta, Selasa, 7 November 2017.

Sandiaga mengungkapkan, jadwal kunjungannya pernah bocor. Akibat hal itu namanya dimanfaatkan oknum dan dicatut untuk melakukan penipuan.

Ia menceritakan, pernah ada peristiwa saat akan datang memenuhi undangan ulang tahun Radio Pelita Kasih yang dijadwalkan pukul 18.00 WIB. Ternyata, sudah ada oknum yang menelepon ke pihak Radio Pelita Kasih untuk meminta ditransfer uang sebesar Rp50 juta.

"Mereka mendapatkan informasi bahwa saya akan datang sekitar jam 2 siang. Ada yang telepon namanya sama dengan ajudan saya. Nomor rekeningnya sama. Minta dikirim Rp50 juta," ujarnya.

Ke depannya, Sandi akan lebih berhati-hati memberikan informasi. Ia meminta semua pihak untuk bersabar terkait perkembangan program rumah DP Rp0. 

Bila rencana sudah matang, lokasi lahan DP nol rupiah akan diumumkan. "Mohon sabar kalau kami belum bisa rilis di mana, lokasinya di mana, karena nanti akan memicu spekulasi," ujarnya.

Sandiaga juga berpesan kepada masyarakat agar lebih waspada jika ada penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Dia menegaskan tak pernah mengutip biaya dalam setiap kehadirannya. 

"Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat yang mengundang kehadiran saya, saya tidak pernah mengutip biaya kalau datang. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kalau saya rilis lokasi yang akan dibangun DP nol persen. Bagaimana spekulasinya coba," tuturnya. (ase)