Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 14:48 WIB
  • Mulai Senin, Ada TransJakarta Ragunan-Monas Via Antasari

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Ade Alfath
Mulai Senin, Ada TransJakarta Ragunan-Monas Via Antasari
Photo :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Bus TransJakarta

VIVA – PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta membuat layanan baru rute Ragunan-Monas melalui Jalan Pangeran Antasari. Rute ini efektif berlaku mulai Senin, 13 November 2017 mendatang. 

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, modifikasi rute itu dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, terkait sejumlah ruas jalan  yang mengalami kemacetan akibat pembangunan proyek infrastruktur.

"Rute ini telah dilaksanakan uji coba selama dua minggu. Fokus pada pelanggan yang tinggal di selatan Jakarta yang berangkat bekerja di pagi hari," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 8 November 2017.

Menurutnya, waktu tempuh untuk rute Ragunan-Monas melalui jalur Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, hanya satu jam. Durasi ini lebih singkat dibandingkan Ragunan-Monas via Semanggi ataupun Kuningan yang bisa mencapai lebih dari dua jam.

Adapun rute baru ini akan melayani Halte Ragunan, Departemen Pertanian (Deptan), Halte Bundaran Senayan (Bunsen), Halte Gelora Bung Karno (GBK), Halte Polda, Halte Bendungan Hilir, Halte Karet, Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia (BI), dan Halte Monas.

Berdasarkan hasil uji coba tersebut juga didapatkan waktu tempuh rute dari Halte Ragunan sampai Halte Bundaran Senayan hanya 50 menit. "Pencapaian itu memudahkan pelanggan TransJakarta untuk terintegrasi dengan layanan lainnya yang disediakan perusahaan transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut," kata Budi. 

Pelanggan TransJakarta yang turun di Bundaran Senayan akan terhubung dengan layanan Blok M-Kota (koridor 1), Ciputat-Tosari, Poris-Bundaran Senayan, Puri Beta-Hotel Indonesia, TU Gas-Bundaran Senayan, Manggarai-Blok M.

Budi memastikan, rute Ragunan-Monas melalui ruas Jalan Pangeran Antasari akan menghindari kepadatan lalu lintas di Mampang, imbas pembangunan terowongan (underpass) Mampang-Kuningan maupun proyek Light Rail Transit (LRT). Rute Ragunan-Monas via Jalan Pangeran Antasari beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Sebelumnya, TransJakarta telah membuat rute Monas - Ragunan via koridor 13 yang bisa menghemat waktu tempuh. Rute ini merupakan bagian dari  tiga rute ekspres dan tiga rute lintas yang mulai diterapkan Senin, 23 Oktober 2017. 

Enam layanan baru ini, yakni rute lintas Pulogadung – Harmoni (via koridor 10 dan 4), rute ekspres PGC – Tanjung Priok (via tol) dan Tanjung Priok – PGC (via tol), rute lintas Cililitan – Dukuh Atas (via koridor 10 dan 4), rute lintas Kampung Rambutan – Kampung Melayu (via tol), dan rute lintas Monas – Ragunan (via koridor 13). (one)