Tak Semua Penumpang KRL Mengheningkan Cipta

Mengheningkan Cipta untuk memperingati Hari Pahlawan di Stasiun Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, tepat pukul 08.15 WIB, Jumat, 10 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Arief Hidayat

VIVA – Imbauan PT Kereta Commuter Indonesia mengheningkan cipta sejenak untuk memperingati Hari Pahlawan pada Jumat pagi, 10 November 2017, tak diikuti semua penumpang kereta rel listrik (KRL).

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet

Semua KRL yang beroperasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Jumat pagi, tepat pada pukul 08.15 WIB, memutarkan lagu instrumental Mengheningkan Cipta selama 2.21 menit. Setiap masinis sebelumnya menyampaikan pengumuman agar para penumpang mengheningkan cipta seraya berdoa sejenak.

Begitu pula di tiap-tiap stasiun, petugas pemandu lalu lintas kereta mengumumkan melalui pelantang suara agar semua penumpang mengheningkan cipta, lalu diputarkan lagu Mengheningkan Cipta.

PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

Suasana penumpang di dalam rangkaian Commuterline Jurusan Serpong-Tanah Abang.

Seperti pengamatan VIVA di Stasiun Universitas Indonesia, tepat pukul 08.15 WIB, kereta berhenti sedikit lebih lama daripada biasanya. Saat kumandang lagu Mengheningkan Cipta melalui pelantang suara di tiap-tiap gerbong kereta, sebagian besar penumpang tampak beraktivitas selain mengheningkan cipta, seperti memegang telepon selulernya, mengobrol dengan penumpang lain, dan bahkan ada yang tidur.

Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB

Pemandangan serupa ditemui di luar gerbong kereta, hanya segelintir yang terlihat dalam posisi berdiri dengan kepala menunduk kala lagu itu diputar, sementara yang lain tetap duduk atau beraktivitas lain ketika berdiri.

Di antara mereka yang dalam sikap mengheningkan cipta ialah petugas kebersihan Stasiun UI. Petugas berkemeja hijau itu berdiri dengan menundukkan kepala sembari kedua tangannya mencengkeram kantong plastik hitam berisi sampah.

Begitu lagu Mengheningkan Cipta itu berakhir, kala petugas lalu lintas kereta menyampaikan bahwa mengheningkan cipta selesai, si petugas kembali beraktivitas. Kereta pun berjalan lagi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya