Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 11:06 WIB
  • Sepeda Motor akan Ditertibkan di GBK Selama Asian Games

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Anwar Sadat
Sepeda Motor akan Ditertibkan di GBK Selama Asian Games
Photo :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga meninjau lapangan Velodrome, Rawamangun

VIVA – Lalu lintas sepeda motor akan ditertibkan di jalan-jalan sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta selama penyelenggaraan Asian Games pada 18 Agustus- 2 September 2018. Sedang dikaji pembatasan sepeda motor melintas di kawasan itu.

"Ada sejumlah jalan di dekat venue GBK yang akan ditutup, ini diperlukan oleh masyarakat; bagaimana bisa menyesuaikan; melintasi daerah GBK selama Asian Games," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota pada Senin, 13 November 2017.

Penataan arus lalu lintas Ibu Kota itu demi kenyamanan tamu negara yang berlalu lalang di Jakarta. Salah satu wacana tengah dikaji adalah aturan ganjil-genap atau nomor polisi yang ganjil dan genap bagi sepeda motor.

Melalui aturan ganjil-genap itu, kata Sandiaga, diharapkan masyarakat mau berpindah dari kendaraan pribadi untuk menggunakan transportasi massal.

"Gimana nanti masyarakat mulai menggunakan kendaraan umum; gimana caranya masyarakat bisa lebih bersabar dalam menghadapi rekayasa lalu lintas, salah satunya adalah motor, yang kajiannya masih dilakukan sekarang," ujarnya.

Selain membatasi kendaraan roda dua, Pemerintah Provinsi juga mengkaji konsep pembangunan trotoar. Infrastruktur bagi pejalan itu harus terintegrasi langsung dengan moda transportasi massal. Konsep dan desainnya sedang dikerjakan dan ditargetkan pembangunan dimulai pada Desember 2017.