Pasar Senen Bakal Jadi Kawasan Transit Terpadu

Pembangunan Kembali Pasar Senen Paska Kebakaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mulai merancang kembali pembangunan Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang terbakar pada Januari 2017 lalu. Akan ada penataan di pasar ini sesuai dengan fungsinya sebagai pasar modern.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

"Tadi baru paparan umum oleh Dirut Pasar Jaya. Nanti kita akan lakukan side inspection sekaligus tinjau lebih jauh," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin 13 November 2017.

Menurutnya, kawasan itu nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan transit terpadu atau Transit Oriented Development (TOD). Selain pusat perdagangan, tempat itu juga jadi pusat transportasi.

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

"Tempat itu lebih dari sekadar pasar tapi Transit Oriented Development (TOD). Jadi pusat transportasi," ujarnya.

Pembangunan Pasar Senen berjalan  proyek transit oriented development (TOD) atau kawasan sekitar Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dengan nilai investasi Rp500 miliar. Proyek ini telah dimulai dan diresmikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono bersama Menteri BUMN Rini  Soemarno.

Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis, Simak Cara Daftarnya dan Ini Berkas yang Harus Disiapkan

Proyek di Stasiun Pasar Senen sebagai bentuk untuk mengatasi masalah urbanisasi perkotaan. Pembangunan serupa dengan yang sedang dibangun di Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina.

Pemerintah ingin menyediakan rumah untuk rakyat di sekitar stasiun, baik yang berpenghasilan rendah maupun pertengahan.

Ilustrasi pemudik pengguna kereta api saat pengecekan tiket di stasiun

KAI Provides 480 Free Homecoming Tickets for April 2

 Kereta Api Indonesia (KAI) is offering homecoming trips by providing 480 tickets on the Tawangjaya Premium train, economy class, from Pasarsenen to Semarang Tawang

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024