Ombudsman: Ada Petugas Satpol PP DKI Bocorkan Razia ke PKL

Ilustrasi-Penertiban PKL di Trotoar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Ombudsman RI belum lama ini melakukan investigasi tentang keberadaan pedagang kaki lima di lokasi terlarang di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta.

Sebulan, 38.073 Orang Ditindak karena Langgar Prokes di Jakarta

Ada enam lokasi yang dimonitor Ombudsman RI, yakni Pasar Tanah Abang, Stasiun Tebet, Setiabudi Menara Imperium, Jatinegara, Setiabudi Perbanas dan Stasiun Manggarai. 

Dalam investigasi itu, tim Ombudsman menemukan adanya dugaan maladministrasi yang dilakukan petugas  Satuan Polisi Pamong Praja dalam melakukan penertiban dan penataan PKL. Petugas Satpol PP dan kelurahan setempat, diduga sengaja melakukan pembiaran agar bisa mendapatkan keuntungan dari para PKL

Pemuda Ngaku Satpol PP Beli Seragam di Pasar Senen

"Pungutan liar dan pembiaran baik dilakukan oknum Satpol PP maupun oknum di kelurahan setempat," kata Komisioner Ombudsman RI,  Adrianus Eliasta Meliala, di Gedung Ombudsman RI,  Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 24 November 2017. 

Menurut Adrianus, pungutan liar itu dilakukan oknum tertentu yang dalam hal ini disebut sebagai preman pasar. Mereka kerap memungut biaya ke para PKL. 

Polisi Ungkap Pemuda Ngaku Satpol PP DKI Lulusan Sarjana

"Setiap bulannya ada PKL membayar mulai dari seratus ribu hingga jutaan setiap bulannya," ujarnya.

Tidak menutup kemungkinan, uang hasil pungutan liar oknum tertentu itu mengalir ke petugas Satpol PP dan petugas di kelurahan. 

Adrianus mengatakan, selama ini Satpol PP gencar melakukan penertiban PKL. tapi selalu terkesan tak efektif. Hal itu terjadi karena rencana penertiban diduga telah dibocorkan petugas Satpol PP penerima pungutan liar ke PKL.

"Selain itu, dalam setiap rencana penertiban, ada saja oknum aparatur yang melakukan komunikasi dengan pihak PKL untuk mengamankan diri tidak berjualan terlebih dahulu," katanya. 

Untuk itu, kata dia, Ombudsman RI telah melaporkan hal ini kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti, agar tidak ada lagi PKL yang berjualan bukan pada tempatnya. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya