Sandi Ingin Monas Jadi Alun-alunnya Jakarta

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan serangkaian agenda kirab kebangsaan. Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati hari pahlawan yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, Minggu 26 November 2017.

Siap-siap Menyaksikan Batu Bercahaya Lewat Usai Subuh

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi dengan kegiatan kirab ini. Alasannya, karena dalam acara tersebut berbagai komunitas, budaya, penampilan musik ditampilkan.

"Kita ingin monas jadi alun-alunnya Jakarta, di mana warga bisa berinteraksi, bersatu, dari semua lapisan budaya, sosio ekonomi," ujar Sandi.

Jalan di Monas Dibuka, Polisi Harap Massa Reuni 212 Tak Datang Lagi

Sandi menginginkan bahwa Monas bisa dinikmati oleh semua masyarakat DKI Jakarta dan bisa digunakan untuk kegiatan.

Pantauan VIVA, kesenian yang tampil dalam acara itu antara lain, tari-tarian Betawi, Ondel-ondel, Marching Band, serta kesenian Reog Ponorogo dari Jawa Timur. Ketika penampilan Reog Ponorogo, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sempat menaiki kepala Reog Ponorogo, namun hanya beberapa menit.

Polisi Ungkap 500 Simpatisan Reuni 212 Sempat Coba ke Monas

Acara itu dihadiri ribuan peserta. Warga DKI Jakarta juga tampak antusias mengikutinya.

Anies akhirnya membuka kembali kawasan Monumen Nasional sebagai tempat kegiatan masyarakat. Melalui Peraturan Gubernur (Pergub) No. 186 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 160 Tahun 2017, tentang Pengelolaan Kawasan Monumen Nasional, Anies menetapkan Monas bisa digunakan lagi untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan.

Anies mengatakan, dengan adanya Pergub No. 186 tahun 2017 kegiatan masyarakat di Monas mendapat kepastian hukum. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, mengeluarkan Pergub pada tanggal 13 Oktober 2017 yang melarang Monas sebagai tempat untuk kegiatan budaya, pendidikan, sosial dan agama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya