Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 10:23 WIB
  • Jelang Libur Panjang, Polda Metro Siapkan Skema Lalu Lintas

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Foe Peace Simbolon
Jelang Libur Panjang, Polda Metro Siapkan Skema Lalu Lintas
Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Lalu Lintas Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

VIVA –  Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas pada libur panjang akhir pekan yang jatuh pada hari Jumat 1 Desember 2017 hingga 3 Desember 2017. Ribuan kendaraan diperkirakan akan meninggalkan Jakarta.

Kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra, sebanyak 787 anggotanya akan diturunkan guna mengatur lalin di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama libur long weekend.

"Nanti ada dari Dishub juga," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 30 November 2017.

Ia menjelaskan, skema pengaturan lalin dibagi jadi tiga. Pertama, pengalihan arus, lalu contra flow, sedangkan yang terakhir adalah penutupan jalan.

Skema itu diyakini bisa membuat kondisi lalin tak macet. Kata dia, pengaturan lalin pada libur long weekend difokuskan di gardu tol masuk dan ke luar Cikarang Utama. Mengingat, kawasan itu merupakan titik rawan kemacetan.

"Kami akan memilih salah satu dari tiga skema itu. Harus lihat kondisi juga ya," ujarnya.

Selain menyiapkan skema pengaturan lalin, polisi pun akan memberikan penjagaan di lokasi wisata di Jakarta yang diprediksi akan ramai pada libur panjang nanti seperti, Kebun Binatang Ragunan dan Ancol.

Kepala Bidang Hubugan Masyarakat Polda  Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, polisi akan ditempatkan di tempat-tempat ramai itu. Tapi, dia tidak merincikan jumlahnya.

"Semua (anggota polisi) terlibat," kata Argo. (Foe)