Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 17:34 WIB
  • BPBD Bogor Sebut Isu Bendungan Katulampa Jebol Hoaks

  • Oleh
    • Endah Lismartini
BPBD Bogor Sebut Isu Bendungan Katulampa Jebol Hoaks
Photo :
  • ANTARA FOTO/Jafkhairi
Bendungan Katulampa.

VIVA – Siang ini beredar informasi di media sosial yang mengabarkan jebolnya bendungan Katulampa Bogor. Di tengah bencana yang merebak terjadi di mana-mana, info tersebut langsung meluas.

Kalimat yang beredar dari informasi itu tersebut sebagai berikut : "Info dr pudek BMKG bogor Katulampa jebol, Jakarta kemungkinan bisa banjir, kalau ada keluarga yang kerja di wilayah jabodetabek kabarin, diperkirakan air sampai jakarta +/- 6 jam lagi info dr temen yg di bogor barusan kira2 sejam yg lalu... jadi untuk malam ini klo bisa balik ke rumah jangan terlalu malam.. perkiraan 6 jam air sampai jakarta."

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor yang dikonfirmasi VIVA memastikan berita tersebut  hoaks. "Itu sangat hoaks, kalau  benar pasti kami sudah memberitakan langsung melalui akun media sosial resmi kami," ujar Seto, petugas bidang Pusat Data Informasi BPBD Kota Bogor saat dihubungi melalui telpon sore ini.

Seto juga mengatakan, untuk sampai jebol, ada proses naiknya debit air di bendungan, dan mereka pasti akan memberitakan proses kenaikan debit air, terutama bila membahayakan. "Jadi bendungan tak bisa jebol tiba-tiba. Ada prosesnya. Dan kami pasti memberitakan setiap ada kenaikan proses yang membahayakan dan berpotensi bencana," ujar Seto menambahkan.

Ia meminta publik untuk tak mudah percaya pada berita yang beredar dan segera melakukan konfirmasi ke pihak yang berwenang. (mus)