Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 1 Desember 2017 | 14:08 WIB
  • Puluhan Ribu Polisi Bakal Jaga Reuni Akbar 212 di Monas

  • Oleh
    • Eko Priliawito,
    • Anwar Sadat
Puluhan Ribu Polisi Bakal Jaga Reuni Akbar 212 di Monas
Photo :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa
Salat Jumat saat Aksi 212 pada 2016.

VIVA – Reuni Akbar 212 untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW akan digelar di Monas Jakarta Pusat, Sabtu 2 Desember 2017. Sejumlah organisasi masyarakat dan masyarakat umum akan mengikuti kegiatan ini.

Agar kegiatan berlangsung lancar, Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan khusus. Pengamanan akan mulai berjaga sejak dari titik kumpul di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat hingga ke silang Monas.

"Semua kita jaga, mulai dari titik kumpul ada di masjid, perjalanan menuju ke Monas dan di Monas. Semua anggota sudah kita siapkan kemudian juga nanti akan dilakukan pengaturan lalu lintas sesuai situasi di lapangan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Jumat 1 Desember 2017.

Menurut Argo, saat ini pihaknya telah menyiapkan pasukan yang cukup untuk melakukan pengamanan Reuni Akbar 212. Penjagaan sejak sebelum aksi dimulai sampai aksi benar-benar selesai. Meski begitu ia enggan menyebutkan detail jumlah anggotanya

"Puluhan ribu kita turunkan. Yang terpenting bahwa kita amankan kegiatan masyarakat. Ini kewajiban polisi untuk mengamankan sampai selesai," ujarnya

Terkait arus lalulintas apakah ada pengalihan arus atau tidak, Argo mengatakan belum dapat memastikannya. Karena hal tersebut bersifat situasional tegantung keadaan saat aksi berlangsung nanti.

"kalau seandainya nanti kita lakukan baik itu pengalihan arus, maupun penutupan jalan kita tutup ataupun contra flow, kita lakukan itu semua tergantung situasi di lapangan," ujarnya.

Kegiatan ini akan digelar karena telah mendapat izin dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Polda Metro Jaya. Reuni akbar ini akan dimulai dengan salat Subuh berjamaah, dzikir  tausiah, ceramah, dan sambutan-sambutan.

Acara ini dipastikan akan kembali menyedot animo umat Muslim dari berbagai daerah, khususnya warga Jabedetabek dan Jawa Barat. Panitia penyelenggara hingga kini belum mengungkap berapa massa yang akan hadir dalam kegiatan ini. (ren)