Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Desember 2017 | 06:48 WIB
  • Anies Baswedan Hadir di Reuni Akbar 212

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Yunisa Herawati
Anies Baswedan Hadir di Reuni Akbar 212
Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Reuni Akbar 212 di Monas

VIVA – Gubernur DKI Jakarta menghadiri kegiatan Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Kedatangan Anies langsung disambut meriah oleh peserta reuni yang hadir di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Desember 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menjelaskan Monas sebagai salah satu tempat bersejarah terciptanya Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

"Karena itu tempat ini diberi nama lapangan Medan Merdeka, karena di tempat ini kemerdekaan dipertahankan, karena itu Alhamdulilah, sekarang Monas telah dibuka untuk berbagai kegiatan," kata Anies dalam sambutannya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan Monas saat ini digunakan tak hanya untuk menggelar kegiatan upacara saja namun saat ini tempat tersebut dibuka untuk agenda keagamaan dan kesenian.

"Alhamdulillah Monas kembali dibuka untuk berbagai macam kegiatan, bukan hanya kegiatan upacara, tapi dibolehkan keagamaan, kebudayaan, kesenian, dan lain-lain," ujarnya.

Menurut Anies, aturan tersebut telah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 186 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 160 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Kawasan Monumen Nasional.

Di mana pada era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kawasan Monas dilarang untuk kegiatan selain acara negara. Dan kini Monas dapat digunakan lagi untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan.

Anies menegaskan dasar membuka kembali kawasan Monas untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan mengacu pada Pancasila, tepatnya pada sila pertama.

"Kami bersyukur bahwa negeri ini adalah negeri Pancasila, sila pertamanya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Atas dasar itulah tempat ini kita berikan kesempatan untuk kegiatan, keagamaan, kebudayaan dan lain-lain," tuturnya.