Pengalihan Arus Lalu Lintas Selama Reuni Akbar 212 di Monas

Massa Aksi Damai 212 memadati kawasan Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA – Ratusan ribu kaum Muslimin diprediksi akan menghadiri acara Reuni Akbar Aksi 212 di Lapangan Monumen Nasional hari ini, Sabtu 2 Desember 2017. Jemaah sudah memadati kawasan Monas ini sejak Sabtu dini hari tadi, mereka melaksanakan salat tengah malam (qiyamullail) dan salat Subuh berjamaah.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

Polisi menerjunkan sekitar 20 ribu personel untuk mengamankan kegiatan ini. Pengalihan arus lalu lintas pun dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat lainnya di libur akhir pekan ini.

Kepala SubDit Penegakan Hukum Dirlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto, mengatakan pengalihan arus lalu lintas itu sudah dilakukan sejak pukul 23.00 WIB, Jumat malam tadi. Pengalihan dilakukan karena aktivitas masyarakat terpusat di kawasan Monas.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

"Dimana arus lalu lintas mengarah Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Utara semua dialihkan," kata AKBP Budiyanto saat dihubungi.

Berikut pengalihan arus di sekitaran Monas:

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

- Arus lalu lintas dari Hayam Wuruk mengarah ke Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jl Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari atau Mengarah Ke Lapangan Banteng-Pejambon-Merdeka Timur-Ridwan Said-Tugu Tani dan seterusnya

-Dari Semanggi ke Merdeka Barat, itu di Patung Kuda dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan-kemudian ke Jalan Abdul Muis-Majapahit dan seterusnya.

- Kemudian arus lalu lintas dari Merdeka Timur yang akan mengarah ke Merdeka Utara itu alihkan ke Jalan Perwira kemudian ke Lapangan Banteng-ke Pasar Baru dan seterusnya

-Kemudian juga arus lalu lintas dari Merdeka Selatan yang akan mengarah ke Merdeka Barat diluruskan Jalan Budi Kemuliaan atau dibelokkan ke Kiri Jalan Thamrin dan seterusnya

Budiyanto mengaku belum dapat memastikan kapan rekayasa lalu lintas ini akan berakhir. Kepolisian akan terus memantau perkembangan situasi di lapangan. "Mungkin sekitar jam 2 (siang). Tapi melihat situasi, kan bubarnya baru jam 12. Pembukaannya (arus lalu lintas) akan dilakukan secara bertahap," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya