Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Desember 2017 | 14:57 WIB
  • Nasib Sampah Monas Usai Reuni Akbar 212

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Lilis Khalisotussurur
Nasib Sampah Monas Usai Reuni Akbar 212
Photo :
  • VIVA/Lilis Kholisotussurur
Sampah pasca Reuni Akbar 212 dikumpulkan oleh tim Gerakan Bersihkan Masjid

VIVA – Gerakan Membersihkan Masjid atau Gemas menjadi salah satu gerakan yang total mendukung aksi Reuni Akbar 212 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Sabtu 2 Desember 2017.

Gerakan ini ikut serta membersihkan sampah-sampah pasca reuni berlangsung. Mereka bahkan membuka booth tersendiri untuk menyediakan kantong sampah dan alat kebersihan lainnya.

Salah satu pengurus Gemas, Evi Lutfia mengatakan gerakannya telah dilakukan sejak malam sebelum reuni dilaksanakan. Setidaknya mereka membagi diri ke dalam tiga shift.

"Dari jam 8 malam kemarin. Shift kedua setelah tahajud jam 3 pagi. Shift ketiga dari jam 10 sampai selesai. Untuk panitia sekitar 50 orang lebih. Peserta bisa sampai ratusan," kata Evi di Monas, Jakarta, Sabtu 2 Desember 2017.

Menurut Evi, mereka yang menjadi panitia maupun peserta diminta membawa kantong sampah. Sehingga mereka bisa langsung membersihkan sampah yang ada. "Masukin sampah seketemunya. Dari tadi malam kita juga sudah siapkan tempat sampah. Kita tempatkan di semua titik," kata Evi.

Ia menambahkan Gerakan Membersihkan Masjid ikut berpartisipasi membersihkan sampah dalam reuni 212, karena di bidang lainnya sudah banyak yang berkontribusi. "Kita pikir untuk masalah logistik sudah banyak, medis banyak, yang paling berat ini bersihinnya,"  ujar Evi.

Pantauan VIVA, sampah-sampah yang semula berserakan di jalanan Monas sudah bersih, dimasukan ke dalam kantong plastik sampah hitam. Relawan mengumpulkan plastik kumpulan sampah di beberapa titik untuk mempermudah Dinas Kebersihan DKI untuk mengangkut sampah.

Acara Reuni Akbar 212 dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar hari ini di kawasan Monas, Jakarta Pusat, berlangsung damai dan khidmat. Acara yang diawali dengan salat malam, salat Subuh berjamaah dan zikir bersama itu berakhir sekitar pukul 12. Massa yang berkumpul terlihat mulai membubarkan diri.

Selepas salat Zuhur, peserta aksi mulai terlihat bergerak keluar meninggalkan kawasan Monas. Mereka kembali ke kendaraan atau bus-bus yang pagi tadi membawa mereka ke kawasan Monas ini.