Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 12:29 WIB
  • Anies Idamkan Sungai Bersih Jakarta untuk Wisata Alternatif

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Eduward Ambarita
Anies Idamkan Sungai Bersih Jakarta untuk Wisata Alternatif
Photo :
  • VIVA/Eduward Ambarita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah)

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak seluruh prajurit TNI Angkatan Laut untuk bersama-sama membersihkan sungai di Ibu Kota.

Menurut dia, selama ini antara masyarakat dengan institusi yang bertugas menjaga pertahanan negara tersebut sudah banyak dilakukan. Salah satunya kegiatan-kegiatan yang menjaga kelestarian lingkungan sekitar. 

"Nanti kita lihat dalam waktu dekat ini dan kita ingin kerja sama ini berjalan terus ke depan lebih baik," kata Anies usai menghadiri kegiatan bersepeda di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) Jakarta, Minggu 3 Desember 2017. 

Anies yang bersepeda bersama dengan Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Panglima Armabar Laksmana Muda TNI Aan Kurnia, sempat melihat kondisi sekitar sungai sepanjang perjalanan dari Monumen Nasional menuju Markas Koarmabar di Jalan Gunung Sahari,

Ia ingin memastikan, sungai di Jakarta menjadi lebih bersih sehingga bisa menjadi banyak kegiatan atau wisata alternatif masyarakat. 

"Insya Allah nanti akan menjadi sungai yang bersih yang kemudian bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan. Nanti Pak Panglima Armada Barat juga akan bersama-sama nanti membuat tempat itu menjadi tempat yang nyaman," kata dia.

Selain itu, kerja sama yang diharapkan tidak hanya pelestarian lingkungan. Menurut Anies, prajurit TNI juga kerap membantu ketika suatu daerah mengalami bencana.

Meski bencana bukan hal yang diinginkan, namun perlu ada pemahaman dari masyarakat dalam hal penanganan atau mitigasi bencana. 

"Kami di Jakarta ingin agar warga Jakarta juga belajar lebih banyak dari Bapak Ibu di TNI dalam menangani situasi-situasi yang seringkali sulit karena kondisi alam.” (mus)