Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 11:53 WIB
  • Menunggu Aksi Anies-Sandi Jawab Tantangan Menteri Susi

  • Oleh
    • Eko Priliawito,
    • Anwar Sadat,
    • Eduward Ambarita
Menunggu Aksi Anies-Sandi Jawab Tantangan Menteri Susi
Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana
Danau Sunter yang ada di Jakarta Utara

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno, menerima tantangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, agar Danau Sunter dapat dijadikan layaknya danau di Jenewa Swiss.

Dalam berbagai kesempatan saat ditanya wartawan, Anies memastikan menerima tantangan Susi Pudjiastuti. Kata dia, tidak hanya Danau Sunter yang akan dipercantik. Dan dia optimis mampu menjawab tantangan Susi Pudjiastuti agar Danau Sunter bermanfaat seperti danau di Swiss.

Bukan cuma danau di Sunter, Anies akan berupaya keras bersama Sandiaga Uno, akan menggandeng sejumlah pihak agar semua perairan di Jakarta bersih dan bisa bermanfaat banyak untuk warga Jakarta.

Anies akan melakukan kerja sama dengan TNI AL membersihkan sungai di Ibu Kota. Selain dengan aksi nyata, juga dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menjaga kelestarian lingkungan.

"Kita ingin kerja sama ini berjalan terus ke depan lebih baik," kata Anies usai menghadiri kegiatan bersepeda di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) Jakarta, Minggu 3 Desember 2017.

Anies yang menggowes sepeda bersama dengan Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Panglima Armabar Laksmana Muda TNI Aan Kurnia, sempat melihat kondisi sekitar sungai sepanjang perjalanan dari Monumen Nasional.

Ia ingin memastikan, sungai di Jakarta menjadi lebih bersih sehingga bisa menjadi banyak kegiatan atau wisata alternatif masyarakat.

"Insya Allah nanti akan menjadi sungai yang bersih yang kemudian bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan. Nanti Pak Panglima Armada Barat juga akan bersama-sama nanti membuat tempat itu menjadi tempat yang nyaman," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, juga merasa terpacu dengan tantangan Menteri Susi Pudjiastuti untuk membenahi Danau Sunter, Jakarta Utara.

"Dan Bu Susi terimakasih sudah memberikan challenge (tantangan) Saya terima. Kita sekarang mesti pikirin," kata Sandiaga.

Tapi menurut Sandiaga, kondisi Danau Sunter berbeda seperti yang dicontohkan Susi. Menurutnya, Danau Sunter bersinggungan dengan danau yang berada di wilayah Stadion BMW sehingga masih dikaji untuk dilakukan penataan. Penataan itu seperti yang diharapkan Susi yakni adanya ruangan terbuka untuk aktivitas masyarakat di sekeliling danau.

"Karena Lake Geneva (Danau Jenewa) itu gedenya minta ampun. Itu kaya Danau Toba. Sementara Danau Sunter itu kan mungil, tapi saya terimalah esensi-nya bahwa kita harus buat yang cantik di DKI," katanya.

Atas tindak lanjut permintaan Susi, Sandi begitu ia disapa akan berkoordinasi dengan jajarannya di bawah Dinas Sumber Daya Air. Dalam waktu dekat, ia berencana membuat rancangan bagaimana Danau Sunter ditata agar masyarakat bisa menikmatinya sebagai tempat wisata alternatif. "Salah satunya mungkin untuk mancing," ujarnya.

Tantang balik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menjawab tantangan Menteri Susi Pudjiastuti dengan kerja. Tidak hanya Danau Sunter, dia akan mempercantik sungai-sungai yang ada di Jakarta. Selain akan melakukan kerja sama dengan berbagai instantasi, Anies juga minta Susi Pudjiastuti turut membantu membersihkan luat di Ibu Kota. Anies merasa perihatin dengan kondisi laut yang banyak sampah.

"Kami akan coba satu-satu dibersihkan. Saya dua Minggu lalu berangkat ke Pulau Seribu, banyak sekali sampahnya, jadi saya rasa itu perlu dibersihkan juga," kata Anies.

Anies berharap perubahan bisa dilakukan, hanya saja ia minta Susi Pudjiastuti turut membantu mewujudkannya.

"Ya Insha Allah bisa dan saya berharap juga Ibu Susi bantu membersihkan perairan Jakarta," kata Anies.

Seperti diketahui, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, belum lama ini berkunjung ke Swiss dan sempat berkunjung ke sebuah danau di Jenewa.

Susi Pudjiastuti mengabadikan keindahan danau itu dalam sebuah video. Dalam video itu, Susi berharap Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bisa mengubah Danau Sunter menjadi danau yang bersih seperti dalam video yang rekam Susi.

"Habis meeting dengan ILO, WTO, ada waktu luang makan siang di pinggir danau bersih sekali, angsanya cantik, danaunya jernih. Pak Sandi (Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno) pasti tahu dan pernah ke sini," kata Susi,

Susi memberikan tantangan kepada Anies dan Sandi karena keduanya saat ini memiliki kekuatan untuk menata Jakarta. Karena itu, dia yakin Anies dan Sandi mampu membuat Danau Sunter seperti di Swiss.

Sekarang Beliau punya power dan authority di Jakarta. Saya yakin Danau Sunter bisa dibikin seperti ini. Setuju enggak pembaca? Saya yakin mereka punya perasaan yang sama dengan saya, bermimpi Danau Sunter menjadi seindah danau di Jenewa," katanya.