Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 15:25 WIB
  • Menilik Danau Sunter yang Disorot Menteri Susi

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Ichsan Suhendra
Menilik Danau Sunter yang Disorot Menteri Susi
Photo :
  • VIVA.co.id/ Ichsan Suhendra
Danau Sunter, Jakarta Utara

VIVA – Danau Sunter di Jakarta Utara menjadi sorotan sebagian masyarakat akhir-akhir ini. Itu lantaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditantang Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membuat danau tersebut bisa seindah danau di Jenewa, Swiss.

VIVA.co.id menyambangi danau itu, Senin, 4 Desember 2017. Danau Sunter terbagi menjadi dua, Danau Sunter Barat dan Timur. Di Danau Sunter Timur tampak sejumlah warga tengah memancing.

Ada juga beberapa pengendara sepeda motor berteduh di pinggir danau. Hal tersebut dimanfaatkan para pedagang kaki lima untuk menggelar lapaknya.

Untuk mereka yang ingin menikmati suasana danau, warung seafood dan kelapa muda tampak siap menyambut pengunjung. Perahu bebek juga disediakan bagi mereka yang mau mengelilingi danau. Di dekat danau juga terdapat apartemen, hotel dan gelanggang olahraga (GOR).

Danau Sunter, Jakarta Utara

Suasana di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Beralih ke Danau Sunter Barat. Di sana, danau terlihat lebih rapi. Pengerjaan jalan masih terus dilakukan. Tersedia jalur hijau bagi pesepeda.

Bangku di sepanjang jalan dipayungi pepohonan bisa menjadi alternatif untuk sekadar bersantai. Pasukan oranye sesekali terlihat membersihkan danau.

Area danau terlihat minim sampah. Namun airnya masih hijau pekat.  Sementara lahan parkir tidak banyak tersedia.

Danau Sunter, Jakarta Utara

Suasana di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berkunjung ke Swiss dan sempat berkunjung ke sebuah danau di Jenewa, belum lama ini. Susi mengabadikan keindahan danau itu dalam sebuah video.

Dalam video itu, dia berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bisa mengubah Danau Sunter menjadi danau yang bersih seperti danau yang direkam dalam video Susi.

Susi memberikan tantangan kepada Anies dan Sandi karena keduanya saat ini memiliki kekuatan untuk menata Jakarta. "Sekarang beliau punya power dan authority di Jakarta. Saya yakin Danau Sunter bisa dibikin seperti ini. Setuju enggak pembaca? Saya yakin mereka punya perasaan yang sama dengan saya, bermimpi Danau Sunter menjadi seindah danau di Jenewa," katanya.

Danau Sunter, Jakarta Utara

Suasana di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Anies dan Sandiaga menerima tantangan Menteri Susi. Menurut Anies, tidak hanya Danau Sunter yang akan dipercantik. Dia akan menggandeng sejumlah pihak agar semua perairan di Jakarta bersih dan bisa bermanfaat banyak untuk warga Jakarta.

Sandiaga juga merasa terpacu dengan tantangan Menteri Susi. "Bu Susi terima kasih sudah memberikan challenge (tantangan). Saya terima. Kami sekarang mesti pikirin," katanya.