Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 16:45 WIB
  • Satpol PP DKI Bakal Dirotasi Besar, Termasuk di Tanah Abang

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Anwar Sadat
Satpol PP DKI Bakal Dirotasi Besar, Termasuk di Tanah Abang
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Kepadatan di kawasan Pasar Tanah Abang akibat para pedagang kaki lima yang memenuhi badan jalan.

VIVA – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Yani Wahyu akan melakukan rotasi di jajarannya. Rotasi akan dilakukan secara besar-besaran, terutama terhadap anggota yang telah bertugas 8 hingga 9 tahun di tempat yang sama.

"Personel Satpol PP ini setelah saya investigasi, dia itu bertugas sudah sampai 8-10 tahun di tempat yang sama, titik yang sama, tugas yang sama," kata Yani di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, 4 Desember 2017

Menurut Yani, masa kerja yang lama itu bisa membuat anggota Satpol PP memiliki kedekatan khusus dengan lingkungan kerja mereka. Yani khawatir, keakraban anggota dengan lingkungan dan warga sekitar bisa mengganggu kinerja dan mengurangi profesionalitas mereka.

Petugas yang akan dirotasi posisinya tidak hanya di satu wilayah tetapi di semua wilayah DKI Jakarta. Rotasi termasuk di lokasi yang diduga sangat rawan terhadap praktik pungli, yakni di Pasar Tanah Abang.

"Saya akan me-rolling secara total seluruh DKI Jakarta. Semua titik, semua lima wilayah, termasuk kabupaten," ujarnya.

Saat ini, terdapat 4.950 anggota Satpol PP. Mereka tersebar di lima wilayah kota dan satu kabupaten di Jakarta. Selain menghindari kedekatan dengan warga, rotasi ini juga dilakukan untuk penyegaran anggota Satpol PP. 

Dia berharap kinerja anggota Satpol PP menjadi semakin baik. "Kalau di Tanah Abang, di situ dia lagi, dia lagi. Ketemunya di situ-situ lagi sama dia. Jadi kami lakukan penyegaran supaya kinerjanya juga berubah," ujarnya. (one)