Satpol PP DKI Bakal Dirotasi Besar, Termasuk di Tanah Abang

Kepadatan di kawasan Pasar Tanah Abang akibat para pedagang kaki lima yang memenuhi badan jalan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Yani Wahyu akan melakukan rotasi di jajarannya. Rotasi akan dilakukan secara besar-besaran, terutama terhadap anggota yang telah bertugas 8 hingga 9 tahun di tempat yang sama.

Kesal Gak Dikasih Uang, Aksi Premanisme di Tanah Abang Gedor Kaca Mobil hingga Pecah

"Personel Satpol PP ini setelah saya investigasi, dia itu bertugas sudah sampai 8-10 tahun di tempat yang sama, titik yang sama, tugas yang sama," kata Yani di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, 4 Desember 2017

Menurut Yani, masa kerja yang lama itu bisa membuat anggota Satpol PP memiliki kedekatan khusus dengan lingkungan kerja mereka. Yani khawatir, keakraban anggota dengan lingkungan dan warga sekitar bisa mengganggu kinerja dan mengurangi profesionalitas mereka.

Terkuak, Penghasilan Hercules saat Berkuasa di Tanah Abang

Petugas yang akan dirotasi posisinya tidak hanya di satu wilayah tetapi di semua wilayah DKI Jakarta. Rotasi termasuk di lokasi yang diduga sangat rawan terhadap praktik pungli, yakni di Pasar Tanah Abang.

"Saya akan me-rolling secara total seluruh DKI Jakarta. Semua titik, semua lima wilayah, termasuk kabupaten," ujarnya.

Saat ini, terdapat 4.950 anggota Satpol PP. Mereka tersebar di lima wilayah kota dan satu kabupaten di Jakarta. Selain menghindari kedekatan dengan warga, rotasi ini juga dilakukan untuk penyegaran anggota Satpol PP. 

Gebrakan Baru Pasar Tanah Abang, Hadirkan “Little Bangkok” bagi Pelaku Jastip Raup Cuan Maksimal

Dia berharap kinerja anggota Satpol PP menjadi semakin baik. "Kalau di Tanah Abang, di situ dia lagi, dia lagi. Ketemunya di situ-situ lagi sama dia. Jadi kami lakukan penyegaran supaya kinerjanya juga berubah," ujarnya. (one)
 

Tim Khusus Polres Metro Jakarta Pusat membongkar modus operandi 16 tahanan yang kabur dari Polsek Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 22 Februari 2024.

Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur Ditangkap Lagi, Tinggal 1 yang Buron

Polisi masih memburu satu orang tahanan lainnya.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024