Masuk Bursa Cawapres, Anies: Saya Fokus Urus Banjir Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan masuk dalam radar calon wakil presiden di Pemilu 2019 mendatang. Hal itu lantaran dia tengah memiliki tingkat keterpilihan yang cukup tinggi berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Terkait hal tersebut, Anies tidak mempedulikannya. Anies mengaku sedang fokus menjalankan tugasnya sebagai gubernur DKI dan tidak ada niat untuk maju menjadi calon presiden ataupun calon wakil presiden.  "Sekarang baru mulai di Jakarta. Kami jalani (mengabdi di Jakarta)," kata Anies di Balai Kota DKI, Selasa, 5 Desember 2017.

Saat ini, Anies mengatakan, ingin mengurus Ibu Kota seperti yang telah diamanahkan warga Jakarta kepadanya. Ia juga tengah memutar otak untuk memperbaiki segala permasalahan yang ada di Jakarta sesuai keinginan warga. "Sekarang saya lagi fokus soal antisipasi banjir, masalah keluhan warga. Sekarang saya fokus di situ," kata Anies.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Nama Anies muncul dalam beberapa survei, di antaranya survei dari Indo Barometer. Pada 3 Desember 2017, lembaga survei ini merilis sejumlah nama yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai calon presiden, yaitu Joko Widodo mendapat 44,9 persen, Prabowo 13,6 persen, Anies Baswedan 4,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen, dan Jusuf Kalla 1 persen.

Sementara pada 22 Oktober 2017, dalam paparan Lembaga Riset dan Survei Politik Roda Tiga Konsultan, nama Anies bersanding dengan Joko Widodo, Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Rhoma Irama, Agus Harimurti Yudhoyono. Survei yang digelar di 34 Provinsi dengan 2.600 responden, tingkat popularitas Gubernur DKI yang baru menjabat  itu ada pada posisi ke enam. 

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Meski tingkat keterpilihan atau elektabilitas Anies masih rendah, namun ketika pertanyaan terbuka diajukan untuk calon wakil presiden, nama mantan Menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berada di sekitar 4,2 persen. (mus)
 

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024