Longsor, Truk Dilarang Lintasi Lembah Anai

Jalan Rusak di Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Rudy Handoko

VIVAnews - Pasca longsor yang terjadi kemarin sore, kawasan Lembah Anai, Padangpanjang, Sumatera Barat, belum bisa dilalui truk dan kendaraan besar pengangkut sembako dari Padang menuju Provinsi Riau.

Menurut Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Sumatera Barat Ade Edwar, hanya kendaraan berbadan kecil yang bisa melewati kawasan hutan lindung tersebut.

"Kendaraan kecil sudah bisa melewati kawasan tersebut karena kondisi jembatan Pergedel yang tidak memungkinkan bagi truk berkapasitas besar," kata Ade Edwar, Sabtu 17 April 2010.

Sebelumnya, dua peristiwa longsor dan banjir bandang menghantam kawasan ini membuat satu jembatan--dari dua jembatan--ambruk dihantam banjir. Hanya jembatan peninggalan Belanda yang tetap bertahan tapi kini dalam kondisi membahayakan bagi pengendara.

Tertutupnya jalur utama Padang-Riau tersebut membuat akses perdagangan barang dari dua provinsi terkendala. Kendaraan pengangkut barang terpaksa melewati jalur Padang-Solok menuju Bukittinggi yang memakan ongkos lebih besar dari biasanya.

"Ini akan menyulitkan karena waktu tempuh bertambah dua jam dari jalur normal sehingga meningkatkan ongkos pengiriman barang," kata Yandri, sopir truk yang biasa mengirim barang ke provinsi tetangga.

Kawasan Silaiang yang merupakan daerah cagar alam dalam satu bulan terkahir sudah dihantam dua kali longsor. Kondisi ini diprediksi karena banyaknya keretakan di perbukitan panjang jalan pasca gempa 7,9 SR akhir September 2009 lalu.

Tingginya curah hujan, mengakibatkan retakan tersebut berubah menjadi longssor karena kondisi tanah yang tak mampu menyerap air dengan baik. Pusdalops PB Sumbar menghimbau agar pengendara yang melewati jalur tersebut berhati-hati.

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

"Saat hujan deras kita berharap pengendara tidak melewati kawasan ini," ujar Ade Edwar. Pihaknya pun telah menyiagakan alat berat di lokasi ini untuk mengantisipasi jika terjadi longsor susulan. (umi)

Laporan: Eri Naldi| Padang

Bhayangkara FC vs Barito Putera

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Ada sejumlah pertandingan Liga 1 di antaranya Bhayangkara FC menghadapi Barito Putera hingga Dewa United berhadapan Madura United.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024