Bunga Bangkai di Halaman Hebohkan Warga Bogor

bunga bangkai yang ditemukan di rumah warga di Bogor
Sumber :
  • Ayatullah Humaeni | VIVAnews

VIVAnews - Warga Kampung Lebak Kongsi, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, dihebohkan dengan penemuan bunga bangkai di salah satu halaman rumah warga.

Siti Hamidah, 45 tahun, pemilik tumbuhan yang mirip bunga bangkai itu, yang mengaku kaget melihat ada bunga raksasa  mekar di halaman rumahnya.

"Awalnya saya tidak tahu tumbuhan yang mekar di halaman rumah itu adalah bunga bangkai yang langka. Itupun saya tahu dari tetangga yang ramai melihatnya," katanya kepada wartawan, 2 Agustus 2010.

Siti mengaku tidak tahu pasti apakah yang tumbuh di pekarangan rumahnya adalah bunga bangkai, apalagi hingga kini belum ada peneliti yang datang. Hanya warga saja yang berbondong-bondong datang melihat.

Siti bercerita, awalnya dia hanya menanam bibit pohon sejenis bunga suweg yang didapatkannya dari Purworejo, Jawa Tengah, sepuluh tahun lalu. Meski sudah 10 tahun, baru kali ini pohon yang ditanamnya berbunga.

"Tapi kok bunganya malah mirip bunga bangkai dan baru terlihat tumbuh besar enam hari lalu," ujarnya.

Saat ini Siti terpaksa membuat pagar di sekeliling bunga bangkai tersebut agar warga yang datang bisa melihat tanpa harus menyentuhnya. Harapannya, bunga tidak rusak sebelum peneliti datang.

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Secara terpisah, Peneliti Botani dari LIPI, Sofi Mursidawati, mengatakan kemungkinan tumbuhan yang mekar di halaman rumah warga Sindangsari itu masih termasuk keluarga Rafflesia. "Biasanya yang banyak tumbuh di Bogor dan sekitarnya itu jenis Amorphophallus," tegasnya.

Seperti diketahui, bunga bangkai adalah sekelompok tumbuhan dari genus Amorphophallus yang merupakan anggota keluarga dari Araceae (talas-talasan).

Jenis yang paling dikenal dari bunga bangkai (Amorphophallus) adalah bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau titan arum yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas atau Sumatera Giant Amorphophallus.

Amorphophallus titanum memegang rekor sebagai bunga dengan struktur perbungaan tertinggi di dunia di susul Amorphophallus gigas di urutan kedua.

Karena keawaman kita sering kali menganggap bunga bangkai sebagai satu spesies (jenis) saja padahal bunga raksasa dan tertinggi ini terdiri atas sekitar 170 spesies di seluruh dunia.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Yang lebih parah, tidak sedikit yang menyamakan bunga bangkai dengan bunga Rafflesia. Padahal antara Amorphophallus dan Rafflesia adalah dua bunga yang berbeda meskipun sama-sama berukuran raksasa dan mengeluarkan bau busuk. (umi)

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor

Mendagri Tito Karnavian

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Menteri Dalam Negeri menegaskan bahwa pembentukan Dewan Kawasan Aglomerasi dalam RUU DKJ tidak akan mengambil alih kewenangan pemerintah daerah.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024