RI Akan Pelajari Iklim Kerja TKI di Arab

JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Harriska Adiati

VIVAnews - Juru Bicara Presiden bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan tim yang dibentuk terkait kasus Sumiati, Tenaga Kerja Indonesia yang disiksa di Arab Saudi, akan menangani kasus secara menyeluruh.

Selain melakukan penanganan terhadap Sumiati, tim yang dipimpin Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar akan mempelajari juga mengenai situasi dan iklim kerja TKI di luar negeri, terutama Arab Saudi.

Hal ini diungkapkan Teuku Faizasyah usai pertemuan internal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan sejumlah anggota kabinet di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 18 November 2010, malam.

"Ini suatu masalah yang komprehensif. Dari kunjungan tim kami harap bisa ada pembelajaran," kata Faizasyah.

Tim juga akan mempelajari iklim kerja TKI di luar negeri. Termasuk mengenai keterampilan yang dimiliki, baik itu kemampuan bahasa ataupun keahlian. "Ini upaya yang berkesinambungan," kata Faizasyah.

Selain itu, Faizasyah mengatakan proses penanganan Sumiati belum perlu dilakukan oleh kedua kepala negara. Karena selama ini mekanisme diplomasi sudah berjalan. "Kementerian Luar Negeri sudah memanggil Dubes Arab Saudi untuk menjelaskan," tutur mantan juru bicara Kemenlu ini.

Apakah Indonesia juga sudah memikirkan untuk moratorium atau penghentian pengiriman TKI ke luar negeri?

"Jangan terlalu cepat ambil kesimpulan. Yang penting upaya dan hak-hak yang bersangkutan (Sumiati) diberikan secara maksimal, juga ketegasan hukum itu yang dipastikan," kata Faizasyah. (umi)

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024