Ribuan Warga Tarawih di Masjid Istiqlal

Ilustrasi Masjid Istiqlal
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mulai besok, 1 Agustus 2011, umat Islam mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan 1432 Hijriyah. Umat Islam pun mulai berbondong-bondong mendatangi masjid Istiqlal untuk menjalankan ibadah tarawih.

Pantauan VIVAnews.com, ribuan warga Jakarta mulai berdatangan ke Istiqlal, Jakarta, Minggu, 31 Juli 2011. Mereka tampak bersemangat mengikuti tarawih pertama yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, lalu lintas di sekitar Istiqlal terpantau lancar. Demikian pula dengan ruas jalanan utama di Jakarta, Sudirman-Thamrin terbilang lancar dibandingkan dengan hari-hari biasa. Jalanan di sekitar bundaran Hotel Indonesia juga terpantau lancar di malam pertama bulan puasa.

Menteri Agama, Suryadharma Ali, menjadi penceramah pada tarawih pertama ini. Tarawih di masjid Istiqlal digelar agak terlambat karena masih menunggu sidang isbat di Kementerian Agama selesai.

Dalam sidang isbat, Menteri Agama, Suryadharma Ali, memastikan 1 Ramadan akan dimulai pada Senin 1 Agustus 2011. Penetapan ini dilakukan setelah pengamatan hilal di tiga tempat.

Suryadharma menjelaskan, pengamatan dilakukan di Makassar, Bukit Condrodipo Gresik, dan Bangkalan Madura. "Dari tiga tempat tersebut, hilal sudah di atas ufuk. Hilal berhasil dirukyah, untuk awal puasa mulai Senin 1 Agustus, dapat kami setujui," kata Suryadharma.

"Setelah mendengar laporan ketua Badan Hisab dan Rukyat (BHR), serta pandangan ormas Islam dan ulama, maka di antara kami semua sudah sepakat bahwa 1 Agustus adalah tanggal 1 Ramadan 1432 H/2011 M. Saya menyatakan dan menetapkan 1 Ramadan 1432 Hijriyah jatuh pada 1 Agustus 2011," imbuhnya.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

"Kami atas nama pemerintah mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga Allah menerima amal puasa kita." (art)

Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024