Akhir 2012, Kereta Railbus Beroperasi

Stasiun Kereta Api Manggarai Jakarta
Sumber :
  • VIVANews/ Anhari Lubis

VIVAnews - Kereta railbus yang melayani rute Padang - Bandara Internasional Minangkabau ditargetkan bisa beroperasi akhir 2012. Dua set railbus disiapkan untuk melayanai rute kereta api pertama yang terhubung ke bandara.

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (INKA) Roos Diatmoko mengatakan, dua unit railbus ini bernilai Rp70 miliar. "Total investasinya mencapai Rp100 miliar untuk dua unit railbus dan jalur kereta dari Duku ke BIM," kata Roos Diatmoko di Padang, Senin, 15 Agustus 2011.

Pembangunan jalur baru dari Stasiun Duku ke BIM berjarak sekitar 4 kilometer mengabiskan biaya sekitar Rp30 M. PT INKA menargetkan, satu unit railbus pengerjaannya akan rampung pada akhir tahun ini.

PT INKA juga menggandeng perusahaan swasta nasional untuk membantu menyelesaikan target perbaikan jalur kereta di Sumbar. Siang tadi, PT Wahana Anugerah Sumatera (WAS) telah menandatangani kesepahaman dengan Gubernur Sumbar.

"Kami akan coba mewujudkan pembenahan jalur kereta di Sumbar, termasuk membangun terowongan di jalur Padang-Solok," kata Direktur PT WAS Julison Arifin. Terowongan sepanjang 9,7 Km ini ditargetkan menyelesaikan DED keduanya pada akhir tahun ini.

PT WAS berencana mengganden perusahaan asing asal Korea Selatan untuk membangun sejumlah proyek kereta api tersebut. Rencananya, perusahaan Korean National Railway Authority akan mengerjakan sejumlah proyek kereta api di Sumbar ini.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap, perusahaan Korsel ini bisa berinvestasi dalam waktu dekat untuk merampungkan program perbaikan perkeretaapian Sumbar. (Laporan Eri Naldi, Padang, umi)

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian
Ilustrasi diet.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lebaran telah usai, meninggalkan momen indah bersama keluarga dan hidangan lezat. Namun, tak jarang momen ini juga meninggalkan oleh-oleh berupa kenaikan berat badan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024