HUT Kemerdekaan

Megawati dan Habibie Tak Hadir di Istana

Peringatan HUT Kemerdekaan
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, diperingati di Istana Merdeka Jakarta. Tepat pukul 10.00 terdengar letusan meriam tanda peringatan kemerdekaan Indonesia 66 tahun silam.

Lalu, Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR), Taufik Kiemas,  membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Acara kemudian diikuti pengibaran bendera. Pelajar asal Gorontalo,  Muvida Pratiwi dipercaya membawa bendera yang dikibarkan. Sementara Hario Wibowo pelajar asal Yogyakarta, menjadi pengibar Bendera Merah-Putih. Sebagai komandan upacara adalah Yeheskiel Katiandagho.

Sejumlah pejabat negara dan mantan pejabat negara hadir dalam detik-detik proklamasi. Selain jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, hadir mantan pejabat antara lain mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden, Hamzah Haz, dan Mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno.

Sementara mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Mantan Presiden Habibie, tidak tampak hadir dalam peringatan 17 Agustus tahun ini. Sebelumnya, Megawati juga tak hadir dalam pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gedung MPR, Selasa 16 Agustus 2011.

Dari kalangan keluarga mantan presiden, hadir Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Siti Hediati Soeharto, dan  Yenni Wahid

Dalam peringatan ini juga ditampilkan atraksi pesawat sukoi dan F16. Lagu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, "Dari Jakarta ke Oslo untuk Bumi Kita" juga dibawakan di peringatan proklamasi HUT RI ke 66.

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024