Mbah Rono: Gunung Sindoro Tremor, Tenang Saja

Puncak gunung Sindoro terlihat dari puncak bukit Sikunir, Wonosobo.
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Gunung Sindoro yang terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, menggeliat. Aktivitas kegempaan di sekitar gunung itu meningkat. Sejak 5 Desember 2011, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan statusnya menjadi "waspada".

Meski baru naik ke level II, panik telah melanda warga yang tinggal di lereng Sindoro. Berbondong-bondong mereka mendatangi pos pengamatan untuk mengetahui mana saja daerah yang terancam. Mereka yang ketakutan bahkan sampai menjual ternak, khawatir kambing peliharaan mati diterjang awan panas seperti yang terjadi di Merapi.

Menanggapi itu, Kepala PVMBG Surono mengatakan masyarakat tak perlu panik. "Tenang saja. Sindoro masih waspada, masih jauh, level II. Kalau pengungsian baru dilakukan jika gunung sudah level IV atau 'awas'," kata dia saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 10 Desember 2011.

Status "waspada", Mbah Rono--begitu dia biasa disapa--menambahkan, belum tentu diikuti letusan. "Bisa saja tak terjadi apa-apa dan turun kembali," kata dia. "Jangan sekarang belum apa-apa sudah nggak karuan."

Warga sekitar diimbau untuk mengikuti petunjuk dari petugas terkait. "Ini sebenarnya tugas pemerintah daerah untuk memberikan sosialisasi dan memberikan pemahaman pada masyarakat. Kami dari pemerintah pusat sudah memberikan rekomendasi."

Surono mengakui, karakteristik letusan Sindoro belum diketahui pasti. "Sebelum ini dominan masih berupa letusan abu. Namun, kalau toh berubah karakternya, masyarakat tak sendirian, akan dibimbing oleh petugas seperti halnya di Merapi--kapan harus mundur," kata dia. (kd)

Kronologi Penemuan Pria Tewas di Dalam Freezer Mobil Es Krim
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Ramai Raffi Ahmad Nagita Slavina diduga Adopsi Bayi Perempuan Bernama Lily

Keluarga Raffi Ahmad kembali jadi sorotan. Kali ini, keluarga tersebut diduga mengadopsi bayi perempuan yang diketahui bernama Lily.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024