FOTO:Menyusuri Misteri Kuburan Batu di Toraja

Kuburan batu Lemo di Toraja
Sumber :
  • ANTARA/ Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Kuburan Batu Lemo yang terletak di Toraja, Sulawesi Selatan, merupakan kuburan tertua nomor dua di Toraja setelah Songgi Patalo.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Di situs yang dibangun sekitar abad ke-16 tersebut, terdapat sekitar 75 lubang kuburan dan 40 patung orang yang telah meninggal.

Tiap-tiap lubang merupakan kuburan satu keluarga. Lokasi itu merupakan salah satu objek wisata Toraja yang banyak dikunjungi wisatawan, baik mancanegara maupun lokal.

Kuburan yang dibuat di bukit batu itu dinamai Lemo karena bentuknya bulat menyerupai buah limau (jeruk). Bila dilihat dari luar, hanya akan tampak pintu lubang yang ditutup dengan papan kayu.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Letak lubang-lubang ini cukup tinggi yakni mencapai belasan meter. Mayat dimasukkan ke dalam dengan tangga atau ditarik dengan tali.

Sedangkan ukuran lubang cukup besar sekitar 3 x 5 meter. Untuk membuat lubang ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, berkisar Rp 30 juta.

Lubang dibuat dengan cara memahat bukit batu secara manual. Pekerjaan membuat lubang ini biasanya memakan waktu enam bulan hingga satu tahun. Lihat foto-foto kuburan Batu Lemo di sini

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024