Cerita Farhan Terjebak Perang di Afganistan

farhan
Sumber :

VIVAnews - Empat jurnalis Indonesia relawan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang sempat terjebak dalam peperangan di Afganistan akhirnya kembali ke Tanah Air. Kedatangan Asep BS, M. Farhan, Mohamad Sidiq, dan Heka pun disambut haru oleh keluarga dan sahabat mereka.

"Ini adalah hal yang luar biasa, bagaimana kami bisa selamat sampai di sini, bertemu dengan saudara lagi, keluarga lagi, suasana di sana sangat berbeda dengan di Indonesia," ujar Farhan di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Rabu 18 April 2012.

Farhan yang mengenakan kemeja panjang dan berkalung sorban langsung memeluk keluarganya dan menjawab pertanyaan dari wartawan.

Farhan menceritakan kejadian yang menimpa dirinya dan ketiga rekannya saat terjadi tembak-menembak di Hotel Kabul Star, Kabul. Menurutnya, mereka bahkan sempat berhadapan dengan 7 pengebom bunuh diri.

"Saat saya dari KBRI menuju hotel, memang terjadi tembak-menembak, di sana ada 7 pengebom bunuh diri, tidak ada kompromi lah. Kami bertahan di bunker lama banget. Kami berempat gantian berjaga tiap dua jam. Selama saling berjaga, ya kami tidak bisa tidur. Helikopter di atas hotel, suasana sangat mencekam," tutur Farhan.

Farhan yang mengalami kejadian tersebut, tetap berpikir positif.
"Bukan medan perang, itu negara sahabat, buktinya dengan kejadian tersebut kami masih diamankan, dan alhamdulillah datang dengan selamat," ujar Farhan.

Farhan dan ketiga rekannya berada di Kabul dalam rangka Colombo Plan, yaitu proyek kerjasama yang melibatkan pemerintah Indonesia dan Afganistan. Mereka berada di Kabul selama satu pekan. Di sana, mereka memberi pelatihan bagi para petugas humas di Kementerian Anti Narkotika Afganistan.

Peperangan di Kabul, Afganistan itu terjadi pada Minggu 15 April. Dalam peperangan selama 18 jam, terjadi serangan sengit dari milisi Taliban atas posisi-posisi pemerintah dan pasukan NATO di Kabul. Pihak keamanan berhasil mengatasi serangan pada Senin pagi waktu setempat, menewaskan 32 tentara pemberontak, dan menangkap satu lainnya.

Serangan itu menewaskan sedikitnya tiga tentara Afganistan dan melukai belasan lain, demikian diungkapkan pejabat Kementerian Pertahanan Afganistan.

Agar Libur Lebaran Tidak Tekor
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Blak-blakan Akui Indonesia U-23 Kesulitan Tatap Piala Asia U-23

Indonesia U-23 berada di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama Qatar, Australia, dan Jordania. Pelatih Shin Tae-yong mengatakan, ketiga lawan tersebut merupakan tim kuat.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024