Raih ISO, Universitas Bakrie Setara Kampus Terkemuka

Universitas Bakrie
Sumber :
  • Dok. Universitas Bakrie

VIVAnews - Universitas Bakrie (UB) berhasil meraih sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 9001:2008. Karenanya, UB kini sudah setara dengan kampus atau perguruan tinggi terkemuka di Jakarta maupun di Indonesia.

Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Ilza Mayuni, mengatakan hal tersebut saat menghadiri acara penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 di Ruang Serbaguna Universitas Bakrie, Jakarta, Rabu, 19 September 2012.

Menurut Ilza, standarisasi mutu perguruan tinggi merupakan bagian dari Rencana Strategis Dikti 2010-2014, tidak hanya bagi kampus-kampus negeri, tetapi juga kampus swasta di seluruh Indonesia. UB, katanya, telah menunjukkan standar mutu tata kelola dan pelayanan penyelenggaraan pendidikan tinggi, yang ditandai dengan Sertifikat ISO tersebut.

Meski tergolong muda usianya, kata Ilza, UB juga telah menunjukkan raihan prestasi-prestasi. "Tiap tahun, selalu ada prestasi yang diraih dosen maupun mahaiswa (Universitas Bakrie)." Karena itu, ia berharap agar sertifikat ISO tersebut dijadikan motivasi bagi seluruh civitas akademika UB untuk terus berkarya dan berprestasi.

Rektor UB, Prof Ir Sofia Alisjahbana MSc PhD, mengatakan, sertifikat ISO 9001:2008 itu merupakan bukti komitmen seluruh civitas akademika untuk implementasi sistem kerja efektif dan efisien, yang mengutamakan kepuasan pelanggan dan selalu dapat ditingkatkan. "Dengan demikian, Universitas Bakrie, sebagai sebuah universitas yang tergolong muda usianya, telah ikut serta berperan aktif untuk meningkatkan persentase perguruan tinggi swasta bersertifikat ISO 9001:2008 dan sejalan dengan Rencana Strategis Dikti 2010-2014," ujarnya, dalam kesempatan yang sama.

UB pada dasarnya sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu yang memenuhi persyaratan ISO 9001:2008 serta IWA2/2007. Namun, UB memerlukan pengakuan dari lembaga di luar institusi yang secara objektif menilai pemenuhan persyaratan tersebut.

Karena itu, UB mengundang lembaga sertifikasi United Registrar of System di Indonesia, yaitu PT URS Services Indonesia, untuk melakukan audit sertifikasi. Selain pengakuan dari institusi eksternal, tujuan yang lebih utama dari audit sertifikasi adalah memperoleh masukan-masukan yang konstruktif dari pihak eksternal UB, sebagai bahan penyempurnaan Sistem Manajemen Mutu yang diterapkan.

Pada 16-18 Juli 2012, URS Services Indonesia mengutus dua orang auditornya untuk memeriksa penerapan Sistem Manajemen Mutu di UB, yaitu Victor Antonio Amir dan Vishnu Wahyudi. Lingkup audit mencakup seluruh sistem di lingkungan UB, mulai dari lingkup Rektorat sebagai pengelola Universitas hingga biro-biro pendukung kegiatan operasional.

Hasil auditnya adalah URS Services Indonesia menyatakan bahwa Sistem Manajemen Mutu Universitas Bakrie telah sesuai dengan ISO 9001:2008 dimana lingkup sertifikasi mencakup Management for Higher Education and Academic Services.

Laporan Arief Hidayat, eh

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024