Mengenang Toni Hartono Sang Pilot Tempur Hawk

pesawat tempur jenis Hawk 100 dan Hawk 200 milik TNI AU
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews – Letkol (Purn) Toni Hartono adalah salah satu pilot tempur terbaik yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Ia bergabung dengan Bandung Pilot Academy setahun lalu, dan ikut berpartisipasi dalam atraksi di Bandung Air Show 2012.

Namun atraksi itu berakhir duka ketika pesawat yang dipiloti Marsekal Muda (Purn) Noorman T. Lubis dan Letkol (Purn) Toni Hartono jatuh ketika bermanuver di langit Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sabtu 29 September 2012.

Direktur Bandung Pilot Academy, Nasrun Natsir, dalam dukanya mengatakan musibah memang tak dapat diterka. “Pak Toni sudah sangat berpengalaman. Ia pernah menerbangkan sejumlah pesawat tempur, antara lain jenis Hawk 100, Hawk 200, Hawk Mk 53, dan Skyhawk,” kata Nasrun di rumah duka Jalan Bapa Supi Paledang, Lengkong Besar, Kota Bandung.

Rekam jejak Toni dalam mengawaki pesawat tempur, menurut Nasrun, tak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu rekan-rekan Toni tak menyangka Toni jatuh ketika sedang mengawaki pesawat AS-202 Bravo buatan Swiss tahun 1969 yang dimiliki Indonesia sejak tahun 1971.

Kawan-kawan Toni di Bandung Pilot Academy bahkan tidak tahu jika Toni ikut dalam atraksi terbang Bandung Air Show. Mereka baru tahu ketika kecelakaan terjadi. Hari ini, Minggu 30 September 2012, Toni akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sulaiman, Kabupaten Bandung. (eh)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024