Mentan: Luthfi Hasan Tak Bisa Pengaruhi Saya

Menteri Pertanian Suswono
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono masih mencari celah keterkaitan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Lutfi Hasan Ishaaq dalam kasus suap impor sapi. Pasalnya, saat ini seluruh celah untuk memuluskan upaya penyelewengan sudah tertutup rapat.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Kata dia, mengenai kuota importasi daging, penetapannya sudah dilakukan pada Desember tahun lalu. Penetapan tersebut termasuk mengenai perusahaan-perusahaan mana saja yang diberi kewenangan untuk melakukan importasi.

Kuota tahun 2013 juga telah ditetapkan dan tidak akan ditambah sementara ini. Hal itu sudah disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, tepatnya 22 Januari.

Keputusan tidak menambah kuota itu dikeluarkan karena sentra-sentra produksi daging di beberapa daerah menyanggupi untuk memenuhi kebutuhan tahun ini, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

"Bulan ini akan ada MoU penandatanganan dari sentra produksi daging untuk memenuhi Jakarta dan sekitarnya. Jadi itu akan terpenuhi. Kecuali daerah mangkir," ujar Suswono di Istana Negara, Rabu 13 Februari 2013.

Suswono menegaskan, keputusan-keputusan yang telah dibuat tersebut tidak bisa diintervensi kecuali dalam rapat Kementerian Perekonomian yang melibatkan tiga menteri terkait, yaitu Kementan, Kemendag, dan Kemeperin.

"Pak Lutfi sendiri tidak bisa mempengaruhi kebijakan saya, orang saya sudah mengirim surat kepada Menko untuk menetapkan tidak ada penambahan," katanya.

Ditambahkannya, perusahaan-perusahaan yang melakukan importasi juga sudah tidak ada ruang lagi untuk 'bermain' soal kuota. Karena selain syarat yang ketat, kuota sudah ditetapkan.

"Tidak mungkin perusahaan abal-abal dapat alokasi besar untuk keperluan industri. Bahkan sudah ada rekomendasi dari Kementerian Perindustrian," tuturnya.

Suswono juga membantah telah melakukan pertemuan di Medan bersama Lutfi dengan salah satu tersangka yang diamankan KPK saat ini membahas impor daging sapi.

"Saya tidak pernah rapat dengan Hilda di Medan, tidak ada kaitannya kalau mengenai masalah itu (kasus). Kan Pak lLuthfi waktu itu lagi safari dakwah di Medan," tegasnya.

Suswono mengaku telah melaporkan kepada Presiden SBY secara detail, baik tertulis maupun lisan terkait masalah ini. Presiden menginstruksikannya untuk tetap bekerja secara profesional dan bersikap kooperatif kepada penegak hukum yang sedang mengusut kasus tersebut. "Presiden meminta saya tetap bekerja," katanya. (umi)

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024