Presiden SBY: Konflik Sosial di Daerah Menurun

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa beberapa bulan terakhir ini, konflik sosial yang  sebelumnya kerap terjadi di daerah belakangan ini mereda. Namun, pemerintah tetap meningkatkan pengamanan.
Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

"Alhamdulilah, pada dua bulan terakhir ini, apa yang saya amati bahwa konflik sosial dan horizontal yang tahun lalu terjadi di daerah mengalami penurunan. Tetapi, ini tetap belum aman," ujar Yudhoyono, saat membuka sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin 18 Februari 2013. 
Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Artinya, lanjut Presiden, kita harus terus waspada dan mencegah agar konflik tersebut tidak terjadi kembali. "Inpres sudah saya keluarkan No. 2 tahun 2013. Gubernur, walikota, jajaran kepolisian dan TNI di daerah juga telah mengikuti rapat kerja pemerintah agar mereka lebih sinergi dan efektif dalam melakukan pencegahan konflik horizontal dan komunal," kata dia.
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Presiden menuturkan bahwa dia sudah berbicara langsung dengan para gubernur yang daerahnya kerap kali dilanda konflik seperti Lampung, Sulawesi, dan Jawa Timur. "Meski, dikatakan dalam kendali, tetapi tetap saya ingatkan jangan lengah," ujarnya. 

Selain itu, Yudhoyono juga berpesan agar program-program untuk daerah-daerah rawan konflik, terutama program kesejahteraan rakyat maupun ekonomi jangan sampai tidak berjalan. Sebab, menurutnya, hal itu bisa menimbulkan permasalahan baru.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya