Survei LSI: Cagub Sumut dari PKS Sementara Paling Diunggulkan

Ilustrasi pemungutan suara.
Sumber :
  • Antara/ Fachrozi Amri
VIVAnews - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis data survei pemetaan terakhir menjelang pemungutan suara Pilkada Sumatera Utara yang akan dilangsungkan pada Kamis 7 Maret 2013. Calon yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gatot Pujo Nugroho - Tengku Erry Nuradi untuk sementara adalah yang paling diunggulkan dengan jumlah dukungan diperkirakan mencapai 32,2 persen. 
5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

"Sementara pasangan dari Partai Demokrat, Amri Tambunan - Rustam Effendi Nainggolan, menjadi kuda hitam, karena angka presentase mereka sejak masa kampanye terus meningkat," kata Manajer Riset LSI, Setia Darma, kepada wartawan di Hotel Danau Toba Internasional, Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa Malam, 5 Maret 2013.
Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana
 
Survei digelar pada 25 Februari - 3 Maret 2013. Metode yang dipergunakan yakni multistage random sampling terhadap 440 responden. Margin of error plus minus 4,8 persen.
Soetta Jadi Bandara Tersibuk di Asia Tenggara

Dari survei itu, elektabilitas calon dengan nomor urut 5, Gatot Pujo Nugroho - Tengku Erry Nuradi; diikuti pasangan nomor urut 1, Gus Irawan Pasaribu - Soekirman, memperoleh 21 persen; dan di tempat ketiga adalah pasangan nomor urut 4, Amri Tambunan - RE Nainggolan dengan 18,3 persen. Pada posisi berikutnya adalah pasangan nomor urut 2, Effendi MS Simbolon - Jumiran Abdi 14,6 persen dan yang menjadi juru kunci adalah adalah pasangan Chairuman Harahap - Fadly Nurzal dengan angka 5,3 persen.
 
Analisis data LSI mencatat AMRI - RE dapat menjadi kuda hitam karena angka presentase mereka sejak masa kampanye terus meningkat secara konsisten. Pasangan yang diusung Partai Demokrat ini mengalami peningkatan dalam hal tingkat kesukaan calon. Padahal, pada masa awal pasangan ini masih mendapat angka kecil.
 
Sementara itu, Gatot Pujonugroho - Tengku Erry Nuradi dilihat survei ini paling banyak dipilih oleh warga pemilih yang berusia sekitar 30-50 tahun keatas.
 
"Survei ini memang belum menyatakan kemenangan, namun lebih kepada opini responden yang diwawancarai," ujar Setia Darma. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya