Tarif Semua Jalan Tol Akan Naik, Tol Makassar yang Pertama

Kemacetan di jalan tol
Sumber :

VIVAnews - Tarif Tol Makassar akan naik sesuai dengan aturan kenaikan per dua tahun sekali pada akhir April 2013 sesuai dengan Undang-Undang No 38/2004 tentang Jalan pasal 48 dan Peraturan Pemerintah No 15/2005 tentang Jalan Tol pasal 68.

Dengan adanya kenaikan ini maka Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan pada awal April pihaknya akan melakukan evaluasi standar pelayanan minimum (SPM) untuk ruas tol Makasar seksi IV.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Menurut Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazali, evaluasi SPM ini akan dilakukan selama sebulan. Setelah itu barulah BPJT akan menetapkan apakah ruas tol itu layak mengalami kenaikan tarif.

"BPJT juga akan melakukan evaluasi yang sama terhadap semua jalan tol yang bakal mengalami kenaikan tarif pada tahun ini," katanya di Jakarta, Senin 18 Maret 2013.

Gani menambahkan jika pihaknya menemukan jalan tol tersebut tidak memenuhi standar SPM maka pihaknya akan menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai operator jalan tol untuk memenuhi SPM terlebih dahulu. “Baru tarif bisa dinaikkan,” ujarnya.

Hal-hal yang akan dilihat dalam evaluasi SPM nanti menurut Gani adalah kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksessibilitas, mobilitas, keselamatan dan unit pertolongan/ penyelamatan dan bantuan pelayanan seperti penanganan kecelakaan, ambulans, dan kendaraan derek.

Perhitungan kenaikan tarif akan memakai data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk besaran inflasi di daerah tersebut. Data inflasi inilah yang nantinya akan digunakan untuk menentukan besaran kenaikan tarif di ruas tol.

Jalan tol Makasar seksi IV sendiri mempunyai panjang 11,57 km. Jalan tol ini beroperasi sejak 29 September 2008 dan dimiliki PT Nusantara Infrastructure Tbk melalui anak usahanya PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE).

Tarif tol Makassar IV saat ini untuk kendaraaan golongan I yang masuk melalui pintu tol Parangloe sebesar Rp6 ribu dan Rp7 ribu jika melalui pintu tol Biringkanaya dan Tamalanrea. Sementara, untuk kendaraan golongan IV yang masuk melalui pintu tol Biringkanaya atau Tamalanrea dikenakan tarif Rp17.000. Untuk kendaraan golongan V dikenakan biaya sebesar Rp20.500.

Selain jalan tol Makassar ini akan ada 18 jalan tol yang tarifnya akan naik pada tahun ini. Ruas tol yang naik pada Agustus 2013 ialah ruas tol Surabaya-Mojokerto Seksi I. Sedangkan bulan September Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Dalam Kota Jakarta, Tol JORR, Tol Padalarang-Cileunyi, Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang , Tol Semarang Seksi ABC, Tol Surabaya-Gempol, tol Palimanan-Kanci, dan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa.

Selain itu, Tol Serpong-Pondok Aren, Tol Tangerang-Merak, Tol Ujung Pandang Tahap I dan II, dan Tol Pondok Aren-Ulujami. Untuk bulan November yang mendapat jatah kenaikan tarif adalah Tol Semarang-Solo Seksi I, dan Tol Bogor Ring Road Seksi I.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024