Longsor di Majalengka, 587 Rumah Rusak

Longsor Cililin Kabupaten Bandung
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng
VIVAnews -
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
Bencana longsor yang terjadi di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menyebabkan 587 rumah rusak. Akibat bencana ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Majalengka harus merelokasi 1.957 warga.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

"Longsor juga menyebabkan 16 tempat ibadah, 1 kantor, dan 5 sekolah mengalami kerusakan. Jalan kampung sepanjang 2 kilometer rusak, bahkan ada jalan yang ambles hingga 10 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Jumat, 3 Mei 2013.
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi


Akibat pergerakan tanah, satu jembatan dan tiga saluran irigasi juga ikut rusak. Tidak ada korban jiwa akibat longsor yang terjadi sejak Minggu, 14 April 2013. Warga mengungsi di rumah kerabat, tetangga dan dua pos pengungsian di Desa Cimuncang serta Ciranca.


"Mereka bersedia untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman. Di Desa Wirasari, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka," katanya.


Pemda Provinsi Jawa Barat dan Pemda Majalengka telah menyediakan 30 hektare lahan untuk relokasi dan memberikan bantuan stimulus pendanaan pembangunan rumah bagi warga yang direlokasi.

 

Tim BNPB telah berkoordinasi dan mendampingi BPBD Jawa Barat dan BPBD Majalengka dalam penanggulangan bencana. Bantuan berupa mi instan, sarden, minyak goreng, air mineral, tenda gulung, keperluan bayi, dan lain-lain telah didistribusikan.


Selain itu, BPBD Majalengka telah mendirikan dapur umum dan pos kesehatan di Desa Cimuncang dan Ciranca. Siswa sekolah tetap bersekolah ke sekolah terdekat dengan tempat mereka mengungsi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya