Mendikbud Tak Setuju UN SD Dihapus

Mendikbud M. Nuh
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews -
Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh tidak setuju dengan wacana penghapusan Ujian Nasional tingkat sekolah dasar (SD). Jika UN SD dihapus, Nuh khawatir, anak-anak sekolah akan kehilangan satu fase di mana hasil belajarnya dievaluasi.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Menurut M Nuh, UN itu berguna untuk pemetaan kemampuan siswa di tiap daerah dan menentukan nilainya berapa. Lalu, UN juga bisa dijadilan tolok ukur untuk siswa tersebut meneruskan ke jenjang selanjutnya.
Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza


"Misalkan kalau UN SD dihapuskan, terus--yang pertama-- apa penggantinya? Yang penting itu dulu. Jangan kita hapuskan, ternyata tidak kita siapkan penggantinya," tegas M Nuh saat meninjau UN di SD Bhakti, Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin 6 Mei 2013. Menurutnya, UN bukan melulu soal lulus atau tidak lulus.


Saat ini Kemendikbud masih terus mengkaji kekurangan atau nilai lebih dari pelaksanaan UN. Dengan kurikulum 2013 yang baru, imbuhnya, akan ada pendekatan yang berbeda terhadap evaluasi UN SD itu.


"Pendekatannya berbeda, evaluasinya pun pasti akan berbeda. Oleh karena itu tentu akan ada Modifikasi-modifikasi. Tapi kurikulum 2013 kan baru dilakukan tahun ini. Dan itu juga dilakukan secara bertahap dan terbatas. Tapi itu bagian yang kita kaji," ucap M Nuh. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya