KPK Pertimbangkan Periksa Darin Mumtazah di Rumah

Darin Mumtazah
Sumber :

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespon masukan dari Ketua Dewan Konsultatif Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi, soal mekanisme pemeriksaan terhadap Darin Mumtazah, siswa kelas 3 SMK di Jakarta Timur.

Darin Mumtazah akan dimintai keterangannya oleh penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus suap dan pencucian uang dengan tersangka Luthfi Hasan Ishaaq.
"Kak Seto itu pakar yang memiliki keahlian dalam hal itu. Kami merespon positif," kata Busyro, Jumat, 24 Mei 2013.

Salah satu usulan pria yang akrab disapa Kak Seto itu adalah agar pemeriksaan dilakukan di rumah, karena pertimbangan Darin masih anak-anak.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Atas usulan itu, Busyro akan memanggil satgas penyidik yang menangani kasus suap dan pencucian uang Luthfi Hasan Ishaaq. "Kami dengan Deputi Penindakan akan merespon usulan Kak Seto," katanya.

Seto Mulyadi, Kamis 23 Mei 2013, berharap pemeriksaan terhadap Darin dapat memperoleh pengecualian dari KPK. Menurutnya, sesuai Undang-Undang Perlindungan Anak, anak yang berkonflik dengan hukum harus dihadapi berbeda dengan orang dewasa.

Kak Seto mengatakan, perlu ada mediator sehingga proses hukum yang berjalan tidak melanggar hak anak. "Jadi sebaiknya tidak dengan paksaan," kata pria yang akrab disapa Kak Seto di kantor KPK, Jakarta. [Baca selengkapnya

Namun diketahui, Darin sudah masuk kategori usia dewasa. Darin lahir di Bondowoso, 29 Meret 1994. Pasal 1 ayat 1 UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyebutkan, "Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan."

Sementara Darin kini berusia 19 tahun meskipun ia duduk di bangku kelas 3 SMK.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Momen Shin Tae-yong (STY) dilempar telur kembali viral dan ramai diungkit warganet jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024