Nama 'Pak Uban' Kembali Diungkap di Sidang Fathanah

Ahmad Fathanah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
VIVAnews - Nama Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa kembali diungkap pada persidangan kasus suap pengurusan penambahan kuota impor daging di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2013. Namun, nama Ketua Umum Partai Amanat Nasional diucapkan bukan dengan nama sebenarnya, melainkan dengan sebutan 'Pak Uban'. 
Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Saksi Elda Deviane Adiningrat mengaku mengistilahkan nama Menko Perekonomian itu dengan sebutan 'Pak Uban' setelah ditanya Ketua Majelis Hakim Nawawi Ponolango mengenai siapa yang dimaksud 'Pak Uban'.
Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

"Maaf, saya mengistilahkan untuk Menko Perekonomian Hatta Rajasa, tapi (istilah) itu bukan dari saya. Tapi benar (saya yang menyebutkan)," kata Elda.
Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Menurut Elda, sebutan 'Pak Uban' itu muncul dalam percakapan dirinya dengan Bos PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman. Saat itu, Elda menyampaikan ke Elizabeth, 'Pak Uban' atau Hatta Rajasa marah-marah mendengar penolakan dari Dirjen Peternakan Syukur Iwantoro terhadap pengajuan penambahan kuota impor daging PT Indoguna Utama.

"Saya tahu dari teman saya, Arif. Saya ngadu ke Arif dan Arif ngomong 'Uban' juga marah-marah dan katanya Pak Syukur akan dipanggil," tuturnya. Elda menambahkan, Arif merupakan pengusaha di bidang Batubara, namun juga konsen di masalah pupuk.

Ia pun mengklaim memiliki kedekatan secara pribadi dengan Hatta Rajasa. Namun Ia menepis jika nama Hatta Rajasa terkait masalah pengurusan kuota impor daging. "Secara pribadi kenal, tapi dalam hal ini tidak terkaitan," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya