Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Jatim Tembus Rp30 Juta

Sapi-sapi potong yang akan dikirimkan dari Australia ke Indonesia
Sumber :
  • Dok. KJRI Darwin
VIVAnews –
Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan
Jelang Idul Adha 2013, kebutuhan sapi potong di Jawa Timur terus melonjak. Itu juga diikuti lonjakan harga yang terus naik, hingga kisaran Rp10 juta sampai Rp30 juta per ekor.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

"Kalau Rp10 juta itu, sapi paling kecil. Kalau besar bisa sampai Rp30 juta. Dan, harga itu bisa terus naik," ujar Muthowif, Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPSDS) Jawa Timur, Kamis 26 September 2013.
Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024


Dia menyebut, harga Rp10 juta adalah sapi berat hidup antara 200 sampai 220 kilogram. Sedangkan, harga yang Rp30 juta beratnya 630 sampai 650 kilogram.


Ditambahkan, jika persediaan terganggu dan tidak ditanggapi Pemerintah Provinsi Jatim, Dinas Peternakan dan Komisi B DPRD Jawa Timur, pihaknya mengancam akan mogok.


"Jika laporan susutnya populasi sapi di Jatim tidak ditanggapi oleh Gubernur, Dinas Peternakan dan Komisi B DPRD Jatim, kami dari PPSDS akan koordinasi dan konsolidasi sesama pedagang se-Jatim untuk mogok tidak motong dan jualan daging segar," ancamnya.


Kurangnya pasokan sapi di Jatim akan mendongkrak tingginya harga daging sapi segar di pasaran. Dia menyebut, bukan tidak mungkin, harga daging sapi segar di pedagang akan naik di kisaran Rp95 ribu sampai Rp110 ribu per kilogram.


Dia menyebut, untuk pemotongan 23 September 2013, di RPH Pegirikan, sapi jantan ada 48 ekor, betina 103 ekor, total 151 ekor. Di RPH Kedurus jumlah sapi yang dipotong hanya 56 ekor, sapi jantan 52 dan betina 4 ekor.


Sapi yang dipotong di RPH Surabaya 80 persen adalah betina. Bahkan, di feedloter atau penggemukan, hampir 100 persen berkelamin betina. Di RPH Pegirian sebanyak 36 ekor sapi dari penggemukan di Probolinggo, semuanya berjenis kelamin betina.


"Harga sapi betina sekarang naik dari Rp38 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kilogram bobot hidup,” kata Muthowif.


Lima hari lalu, katanya, sapi yang dipotong di RPH Pegirikan, sebanyak 164 ekor, berkelamin betina 127 ekor dan jantan 37 ekor.


"Ini sangat disayangkan, jika Dinas Peternakan Jatim dan Gubernur tidak mengakui adanya penurun jumlah sapi di wilayahnya. Dan, sangat memprihatinkan, kalau sampai tidak tahu," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya