Dua Alat Sensor Getaran Dipasang di Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • http://www.dulang777.com
VIVAnews
Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya
- Guna memantau aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau yang sampai saat ini statusnya masih Waspada atau berada pada level II, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menambah dua alat seismometer di gunung yang berada di perairan Selat Sunda.

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

"Dua seismometer itu kita pasang pada tanggal 2 sampai 4  November 2013 kemarin," ujar Anton Pambudi, Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Pasauran Kabupaten Serang, Sabtu, 30 November 2013.
Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman


Dijelaskan Anton, dua unit alat sensor getaran, yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah itu dipasang di pantai Gunung Anak Krakatau dan Pulau Panjang. Sementara dua alat lama yang sudah terpasang sebelumnya, berada di punggungan bukit Gunung Anak Krakatau dan di jalur lava.


Lebih lanjut Anton menambahkan, kondisi atau aktivitas Gunung Anak Krakatau yang berstatus Waspada sejak Januari 2012, hingga saat ini masih ditandai kegempaan vulkanik dangkal dan gempa dalam disertai dengan hembusan

asap dari kawah. Namun kondisi tersebut tidak berdampak terhadap aktivitas masyarakat yang berada di sepanjang pesisir Banten maupun Lampung.


"Hembusan dari pematauan ketinggiannya sekitar 25 hingga 50 meter dengan asap putih tipis," ujarnya.


Anton menginformasikan, bahwa seluruh peralatan untuk memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini kondisinya baik dan normal. Kondisi Gunung Anak Krakatau dapat terlihat jelas dari Pos Pemantauan Pasauran atau sepanjang pantai Anyer - Carita apabila cuaca cerah.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya